UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KURIKULUM 2013 KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 04 BATU

ISTIQOMA, EMY (2015) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KURIKULUM 2013 KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 04 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-emyistiqom-38252-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-emyistiqom-38252-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 banyak menglamai perubahan. Terkait dengan komponen kurikulum yang mengalami perubahan, timbul kecenderungan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami secara langsung apa yang dipelajarinya, bukan hanya sekedar rmengetahuinya dari guru. Dengan pembelajaran secara langsung ini, diharapkan anak akan dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam pendekatan scientific pada sub tema keberagaman budaya bangsaku kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu, faktor yang menghambat pemnafaatannya serta solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar tersebut. Penelitian ini merupakan suatau penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam pendekatan scientific pada sub tema keberagaman budaya bangsaku kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu, sudah dimanfaatkan dengan baik, akan tetapi dalam pemanfaatannya masih belum maksimal karena guru kurang memanfaatkan sepenuhnya lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, sehingga apa yang guru buat dalam RPP tidak sesuai dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:38
Last Modified: 06 Apr 2016 09:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo