UMM Institutional Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEGIATAN MUSRENBANG (Studi di Kabupaten Pasuruan Tahun Anggaran 2010-2013)

SW, REDY FERDIAN (2014) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEGIATAN MUSRENBANG (Studi di Kabupaten Pasuruan Tahun Anggaran 2010-2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-redyferdia-37910-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-redyferdia-37910-2-babipe-n.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dari awal dibentuk dengan harapan dapat melibatkan seluruh komponen masyarakat agar pendapat dan usulan masyarakat terhadap perencanaan program pembangunan yang ada di daerahnya dapat difasilitasi, di dukung dan di akomodir oleh pemerintah daerah beserta masyarakat itu sendiri dan komponen yang lain. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah merupakan salah satu kunci/elemen yang sangat berpengaruh dalam menentukan arah pembangunan yang berorientasi kepada masyarakat atau pembangunan yang sesuai dinginkan/kebutuhan dan menguntungkan masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pasuruan yaitu dalam hal ini yang dikerjakan/dilaksanakan oleh Instansi Bappeda diharapkan mampu untuk menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengimplementasikan UU no 25 tahun 2004. Agar dapat mengakomodir dan memfasilitasi aspirasi masyarakat terkait dengan kebutuhan masyarakat tentang pembangunan, yang dituangkan dalam bentuk usulan dan nantinya akan dijadikan program prioritas pembangunan daerah Kabupaten Pasuruan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana partisipasi masyarakat dalam kegiatan musrenbang tahun anggaran 2010-2013 di Kabupaten Pasuruan dan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara komprehensif tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Musrenbang Tahun anggaran 2010-2013 di Kabupaten Pasuruan. Dalam penelitian ini, penelili menggunakan metode deskriptif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan wawancara yang dilakukan pada 3 subjek penelitian. Kemudian teknik analisa data yang penulis gunakan adalah analisa data kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Kantor Bappeda Kabupaten Pasuruan, Kantor Kecamatan Grati, dan Kantor kepala desa kedawung kulon. Hasil penelitian yang peneliti lakukan terkait tentang partisipasi masyarakat dalam kegiatan Musrenbang(studi di Kabupaten Pasuruan tahun anggaran 2010-2013). Pertama terkait keterlibatan peserta/masyarakat dalam Musrenbang, masyarakat dalam Musrenbang di Kabupaten Pasuruan yaitu mereka dengan cara diundang untuk mengikuti atau menghadiri Musrenbang dan tidak semua masyarakat bisa hadir dalam Musrenbang desa/kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten Kota. Kedua bentuk partisipasi masyarakat/peserta dalam Musrenbang adalah partisipasi buah pikiran dan pengawalan hasil Musrenbang ke tingkat selanjutnya. Intensitas Peserta Musrenbang dapat dikatakan sangat bagus karena terdapat meningkatnya usulan dan juga kontrol yang dilakukan peserta dapat dikatakan juga bagus. Ketiga Respon masyarakat/ peserta pada saat Musrenbang mereka antusias untuk mengikuti atau mengadiri tetapi pada pelaksanaan kegiatan / tahun anggaran berjalan mereka kecewa karena banyak usulan mereka yang tidak terlaksana. Kata Kunci: Pentingnya Partisipasi Masyarakat, Musrenbang di Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:36
Last Modified: 06 Apr 2016 09:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25105

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo