UMM Institutional Repository

PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DAERAH (Studi tentang kualitas pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat, Piru-Maluku).

Latuconsina, RiaTalpiah (2014) PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DAERAH (Studi tentang kualitas pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat, Piru-Maluku). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riatalpiah-37911-1-pendahul-n.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riatalpiah-37911-2-babi.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Setelah diberlakukannya UU No. 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah, Undang-undang ini merupakan tonggak awal bagi daerah dalam melakukan pengelolaan pemerintahan daerah secara mandiri. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia, yang kemudian dimekarkan baik menjadi Provinsi baru maupun Kabupaten/Kota yang baru. Setelah berjalan kurang lebih empat tahun, paket Undang-undang otonomi daerah sebelumnya direvisi menjadi UU No. 32 tahun 2004. Dalam paket undang-undang otonomi daerah yang baru, pemerintah daerah diberikan kejelasan terhadap urusan yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, maupun urusan yang menjadi tangggung jawab bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Disamping itu salah satu tugas pemerintah daerah adalah memberikan pelayanan publik yang memuaskan masyarakat yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang dimana telah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal yang di jadikan sebagai tolak ukur kinerja pelayanan kesehatan yang diselenggarakan Daerah Kabupaten/Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu dengan melakukan penggambaran atau melukiskan objek maupun menjelaskaan keadaan yang sebenarnya terjadi berdasarkan fakta dan berusaha mencari jalan pemecahannya. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan mendiskrivsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke lapangan, wawancara dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu berusaha menggambarkan data-data yang ada sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat kita lihat bahwa penyelenggaraan pelayanan publik pasca pemekaran daerah ( tentang kualitas pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat, Piru-Maluku) dalama pemberian pelayanan yang sesuai dan mampu memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan dengan lebih memaksimalkan perlengkapan dinas dan berupaya untuk menjalankan pekerjaannya dengan sebaik mungkin, seperti pengadaan penyuluhan-penyuluhan dan peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas, sekaligus penambahan tenaga medis dan tenaga administrasi, peningkatan sarana dan prasarana di dinas kesehatan dan disertiap puskesmas, pustu,polindes yang ada di Kab. Seram Bagian Barat. Perubahan dalam penyelenggaraan pelayanan pasca pemekaran daerah adalah terlihat pada program-program dinas kesehatan kepada masyarakat di kabupaten ini lebih mengarah kepada peningkatan pelayanan kesehatan dasardi puskesmas kepada masyarakatyang sebagaimana merupakan fungsi pemerintah dalam memberikan dan mengurus keperluan kebutuhan dasar masyarakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat, serta memberikan penyuluhan-penyuluhan yang terkait dengan kesehatan kepada semua masyarakat yakni tentang manfaat dan pentingnya kesehatan. Serta meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik, melalui terciptanya masyarakat yang hidup dalam lingkungan sehat,dan memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan di seluruh Kab. Seram Bagian Barat dengan lebih memperhatikan kesehatan masyarakat miskin dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Pasca pemekaran daerah dapat kita lihat bahwa ada sedikit perubahan dan kemajuan yang dirasakan masyarakat yang mendiami Kab. Seram Bagian Barat seperti adanya peningkatan jumlah puskesmas, puskesmas pembantu, polindes, dan poskesdes. Selain itu ditunjang dengan tenaga medis yang menempati setiap puskesmas, pustu,polindes, dan poskesdes yang ada di sana. Hal ini menunjukan bahwa adanya kepedulian dinas kesehatan dalam memberikan pelayanan yang merata dan menciptakan masyarakat yang hidup sehat kepada seluruh masyarakat yang mendiami Kab. Seram Bagian Barat. Kata kunci : pemekaran daerah, pelayanan publik, standar pelayanan minimum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:33
Last Modified: 06 Apr 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25104

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo