UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VI DI 3 SDN GUGUS 6 KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

FATMAWATI, ERIK (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VI DI 3 SDN GUGUS 6 KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erikfatmaw-38253-1-pendahul-n.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erikfatmaw-38253-2-babi.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat diterapkan oleh guru. Dalam praktiknya, peran kedudukan dan fungsi IPS kurang tersampaikan dalam pembelajaran, dikarenakan luasnya aspek-aspek yang harus disampaikan dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu perlu melihat pembelajaran kooperatif yang diterapkan oleh guru terkait model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, aktivitas yang dilakukan siswa dalam mengikuti pembelajaran, faktor penunjang dan penghambat serta solusi yang dilakukan oleh guru kelas VI mata pelajaran IPS di SDN Wates, SDN 1 Mirigambar, SDN 2 Mirigambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan model kooperatif yang diterapkan pada pembelajaran IPS kelas VI di 3 SDN, (2) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS kelas VI di 3 SDN, (3) mendiskripsikan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS kelas VI di 3 SDN, (4) mendiskripsikan faktor penunjang dan penghambat dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS kelas VI di 3 SDN, (5) mendiskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS kelas VI di 3 SDN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu memaparkan gambaran dan peneliti berperan sebagai instrumen sekaligus sebagai alat pengumpul data. Data yang diperoleh berasal dari teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tiga alur dalam menganalisis yaitu penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif di 3 SDN memiliki variasi yang berbeda-beda, (2) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru, (3) siswa tertib, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran kooperatif akan tetapi masih ada siswa yang masih ramai dengan temannya, (4) ketiga SDN tersebut sudah cukup memiliki sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran kooperatif, (5) guru sudah berupaya agar dapat mengatasi hambatan yang ada, seperti penambahan jam pelajaran, pemberian handout, dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:36
Last Modified: 06 Apr 2016 09:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo