UMM Institutional Repository

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN GURU KELAS 4 TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SDN LOWOKWARU 01 KOTA MALANG

KHOIRIYAH, FADILATUL (2015) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN GURU KELAS 4 TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SDN LOWOKWARU 01 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fadilatulk-38254-1-pendahul-n.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fadilatulk-38254-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pendidikan harus mencapai perubahan perilaku melalui proses pembelajaran. Di Kurikulum 2013 ini, guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran tematik tujuannya melahirkan generasi penerus bangsa yang produktif, inovatif, kreatif dan berkarakter. Melalui metode pembelajaran, guru dapat menyisipkan karakter kepada siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) metode pembelajaran apa yang digunakan guru berbasis kurikulum 2013 pada kelas IVdi SDN Lowokwaru 1 Malang, (2) bagaimana metode pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada guru kelas IV di SDN Lowokwaru 1 Malang, dan (3) apakah faktor pendukung dan kendala kurikulum 2013 pada guru kelas IV. Penelitian ini bertujuan: (1) menyebutkan metode pembelajaran guru kelas IV, (2) mendeskripsikan metode pembelajaran dalam menanamkan nilai, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan kendala kurikulum 2013 pada guru kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian bersifat deskriptif metode pembelajaran. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV-A yang berjumlah 23 dan kelas IV-B yang berjumlah 26 di SDN Lowokwaru 01 Kota Malang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2014. Sumber data dari dokumen dan informan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pengamatan 13,3%, metode tanya jawab 16,7%, metode diskusi 15,6%, metode penugasan 42,2%, metode ceramah 8,9%, metode bermain 1,1%, dan 2,2,% metode demonstrasi (2) melalui metode pembelajaran dengan pendekatan Scientific guru menanamkan karakter rasa percaya diri, berani menjawab, berani bertanya, mengemukakan pendapat, religius, komunikatif, dan disiplin, dan (3) faktor pendukung dalam kurikulum 2013 adalah tersedia buku guru dan buku siswa, pelatihan-pelatihan guru dalam tiap tahun, sedangkan kendalanya adalah evaluasi yang rumit, dan materi yang kurang mengena terhadap siswa. Salah satu upaya mengatasi kendala kurikulum 2013 adalah diadakan kelompok kerja guru (KKG) yang membahas tentang pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini, metode pembelajaran guru berbasis kurikulum 2014 disarankan untuk dipergunakan sebagai masukan dalam upaya penanaman karakter dalam kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:30
Last Modified: 06 Apr 2016 09:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25101

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo