UMM Institutional Repository

RESISTENSI PELAKU SENI TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN SENI RUPA KOTA MALANG

SYAHRUDIANTO, FIRMAN (2015) RESISTENSI PELAKU SENI TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN SENI RUPA KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firmansyah-38415-2-babi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firmansyah-38415-1-pendahul-n.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Seni adalah salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang sejajar dengan perkembangan manusia selaku pengubah dan penikmat seni. Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika. Para pelaku seni di kota Malang masih minim perhatian dari Pemerintah Daerah, dari segi financial maupun fasilitas. Seni rupa terkadang dianggap sebagai hal vandalisme. Dari sinilah, pelaku seni membuat karya seni sebagai media kritik dan bentuk perlawanan pada Kebijakan Pemerintah yang kurang adil. Dalam penulisan ini digunakan 3 metode penelitian. Metode penelitian pustaka, yang sumber utama dan pendukung lainnya dijadikan bahan penulisan kajian ini. Pendekatan empiris melalui pengamatan terhadap karya seni yang dipilih dan ditemui. Metode berpikir filsafat yang kritis reflektif dalam menganalisis permasalahan seni rupa dan kegunaan sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pilihan kebijakan Pemerintah Daerah yang belum mendukung penuh dalam kegiatan kesenian di kota Malang. (2) Minimnya financial, anggaran dalam kegiatan berkesenian, juga fasilitas yang kurang mendukung dalam berkesenian. (3) Kebijakan Pemerintah yang kurang adil dan tidak mendukung dikritisi melalui sebuah karya seni. Pentingnya pengembangan seni rupa ini adalah bahwa seni rupa termasuk warisan kesenian dan kebuadayaan yang harus dilestarikan dan diabadikan, juga termasuk identitas bangsa. Seni rupa pun pada dasarnya mempunyai fungsi utama untuk memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan pengembangan budaya nasional, juga untuk meningkatkan apresiasi seni pada generasi generasi berikutnya, karena bangsa yang maju ditandai dengan besarnya apresiasi terhadap kesenian dan kebudayaan. Seni rupa yang didukung oleh Pemerintah Daerah bisa menambah kualitas kota Malang. Seni rupa digerakkan sebagai seni yang mengandaikan diperhatikan massa sebanyak mungkin (dikarenakan pada salah satu kategorial fungsinya sebagai gerakan social), dan memiliki kategori berhasil jika kemudian mampu menjadi penggerak putusan individu atas suatu hal, seperti kebijakan Pemerintah. Seperti karya seni rupa yang mempunyai potensi artistic, maka karya seni rupa juga diyakini mampu mencari celah potensi artistic dari gerakan massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:28
Last Modified: 06 Apr 2016 09:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25100

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo