UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN WATULUMBUNG II KEC. LUMBANG KAB. PASURUAN

JANNAH, FITA NUR (2015) PEMANFAATAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN WATULUMBUNG II KEC. LUMBANG KAB. PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitanurjan-38257-1-pendahul-n.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitanurjan-38257-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan di SDN Watulumbung II Kec. Lumbang Kab. Pasuruan, guru dan peserta didik memanfaatkan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran, tetapi buku teks pelajaran Bahasa Indonesia banyak yang rusak sehingga sedikit menghambat cara belajar peserta didik, maka dari itu untuk menyiasati kekurangan buku teks, guru membentuk peserta didik dalam kelompok dan meminta peserta didik untuk berdiskusi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas V semester I SDN Watulumbung II Kec. Lumbang Kab. Pasuruan, 2) Mendeskripsikan pemanfaatan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa dalam pembelajaran di kelas V semester I SDN Watulumbung II. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi pembelajaran, wawancara guru kelas V, angket. Sumber data sekunder diperoleh dari RPP dan silabus. Subjek: peserta didik kelas V SDN Watulumbung II Kec. Lumbang Kab. Pasuruan, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian, pemanfaatan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia bagi pendidik (guru) secara umum pemanfaatannya sebagai sumber belajar, membuat soal-soal ujian dan bahan ajar, selain itu menggunakan sumber belajar lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pemanfaatan buku teks bagi peserta didik rata-rata 83,22% (sangat baik). Adanya buku teks pelajaran dalam proses pembelajaran membantu peserta didik memahami materi pelajaran, sehingga proses pelaksanaan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan bermakna bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:24
Last Modified: 06 Apr 2016 09:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25096

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo