UMM Institutional Repository

PENERAPAN MEBARTA (MEDIA GAMBAR DAN MENYUSUN KATA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PEMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN CLUMPRIT 03 PAGELARAN MALANG

KUSUMASTUTI, FITRIA (2015) PENERAPAN MEBARTA (MEDIA GAMBAR DAN MENYUSUN KATA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PEMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN CLUMPRIT 03 PAGELARAN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriakusu-38258-1-pendahul-n.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriakusu-38258-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataannya bahwa kemampuan membaca dan menulis permulaan sangat rendah di SDN Clumprit 03 Pagelaran Malang, masih di bawah KKM, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan melalui media pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) penerapan Mebarta (media gambar dan menyusun kata) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa pada siswa kelas I SDN Clumprit 03 Pagelaran Malang, dan (2) Peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SDN Clumprit 03 Pagelaran Malang dengan penerapan Mebarta (media gambar dan menyusun kata) . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas I SDN Clumprit 03 Pagelaran Malang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2014 dalam 2 tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan wawancara kepada guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan (1) penerapan mebarta (media gambar dan menyusun kata) pada kelas I SDN Clumprit 03 Pagelaran Malang membuat siswa senang belajar sambil bermain pada saat proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa sebesar 76,9%. (2) peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa pada siklus I menunjukkan 38,5% sedangkan pada siklus 2 menunjukkan 76,9%, Peningkatan persentase kemampuan membaca dan menulis siswa. Dengan demikian pada siklus 2 telah mengalami peningkatan sebesar 38,4% dari siklus I. Hal ini ditunjukkan dengan nilai kemampuan membaca dan menulis permulaan yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 76,9% sudah memenuhi KKM dan hanya tiga siswa yang belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Mebarta dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa pada kelas I di SDN Clumprit 03 Pagelaran Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:21
Last Modified: 06 Apr 2016 09:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo