UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA LIMAS UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG MENU POLA MAKAN SEHAT DAN BERGIZI SISWA KELAS IV SD

ARIANTI, LITA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA LIMAS UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG MENU POLA MAKAN SEHAT DAN BERGIZI SISWA KELAS IV SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-litaariant-38265-1-pendahul-n.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-litaariant-38265-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah lingkungan sekitar. Guru belum pernah membuat atau mengembangkan media sendiri. Penggunaan media memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan interaksi antara guru dengan peserta didik. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media LIMAS dalam meningkatkan pengetahuan menu pola makan sehat tema makananku sehat dan bergizi pada siswa kelas IV SD dan untuk menganalisis keterterapan media LIMAS (lingkaran makanan sehat) yang dihasilkan, dilihat dari aspek: susunan menu makanan siswa; kandungan kalori yang dikonsumsi; persentase makanan; menu makanan tradisional. Media dikembangkan dengan model Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik data kuantitatif digunakan untuk menghitung validasi dari validator dan respon dari peserta didik. Sedangkan teknik data kualitatif digunakan untuk memaparkan penjelasan, saran, atau masukan dari guru kelas, dan validator. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: Hasil Need Asessmen dan Studi Pustaka, validasi oleh ahli, revisi produk, dan uji coba pada peserta didik (2) produk akhir dari pengembangan media limas (3) hasil validasi media limas yang berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media memiliki kritera sangat baik (3) hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan 100% pada aspek Efektifitas isi/Materi dan 93,3% pada aspek Daya tarik Isi/Materi dan penilaian dari ahli media mendapatkan 100% pada aspek efektifitas dengan kualifikasi sangat baik, 100% pada aspek efisiensi dengan kualifikasi sangat baik, dan 100% pada aspek daya tarik dengan kualifikasi sangat baik dari skor maksimal masing-masing 100%. Penelitian eksperimen dilakukan untuk mengetahui tingkat efektifitas media limas yang dikembangkan melalui pengadaan pretest dan postest pada siswa terhadap tema makananku sehat dan bergizi dengan nilai yang diperoleh saat pretest 40, 91% dengan kualitas sangat kurang dan posttest 81,3% sangat baik. kemudian yaitu dengan menganalisis data dengan menggunakan uji normalitas pretest dan posttest. Nilai prettest dan posttes berdistribusi normal karena skewness dan kurtosis berada diantara -2 sempai dengan +2. Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test dengan program SPSS versi 19.00, diperoleh nilai probabilitas (P). Karena nilai P < 0,05 maka Ho ditolak, berarti terdapat perbedaan tingkat kemampuan dalam memahami tema makananku sehat dan bergizi antara sebelum dan sesudah menggunakan media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:04
Last Modified: 06 Apr 2016 09:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo