UMM Institutional Repository

FAKTOR PENENTU KEMENANGAN PASANGAN ABAH ANTON-SUTIAJI DALAM PEMILUKADA 2013 DI KOTA MALANG

GUNADI, AHMAD (2014) FAKTOR PENENTU KEMENANGAN PASANGAN ABAH ANTON-SUTIAJI DALAM PEMILUKADA 2013 DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadgunad-36698-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadgunad-36698-2-babi.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang telah melaksanakan even Pemilukada pada tahun 2013 yang lalu. Kemenangan Pasangan Abah Anton–Sutiaji menarik untuk dicermati. Pertama, melihat latar belakang calon yang notabene tidak punya latar belakang politik berhadapan dengan pasangan calon bunda Heri yang merupakan istri dari walikota (incumbent). Kedua, melihat dukungan partai yang didapat Bunda Heri didukung oleh koalisi banyak partai dan partai-partai besar di Kota Malang. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pasangan Abah Anton–Sutiaji sehingga dapat memperoleh suara mayoritas dalam Pemilukada tahun 2013. Untuk memperkuat dan mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan , dalam hal ini adalah ketua Tim Pemenangan Pasangan Abah Anton–Sutiaji (AJI), Pengurus partai pengusung yaitu koalisi Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerakan Indonesia Raya. Selain itu, digunakan pula data dan dokumen untuk menunjang kelengkapan informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagaimana Faktor penentu kemenangan pasangan “AJI” dalam Pemilukada Kota Malang (a) Kemenangan Pasangan AJI dalam Pemilukada kota Malang tidak terlepas dari peran NU. (b) Koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia (Gerindra) sangat solid dan mampu bekerja sama merangkul pemilih untuk memenangkan Pasangan Abah Anton–Sutiaji. (c) Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerakan Indonesia Raya selaku partai pengusung pasangan AJI mampu memainkan peran dengan mensosialisasikan pasangan AJI mulai dari Struktur Pengurus masing- masing partai sampai ke lapisan masyarakat yang paling bawah, hal ini menyebabkan pamor dan elektabilitas AJI meningkat dengan sangat cepat. (d) Strategi–strategi dari Pasangan Abah Anton–Sutiaji sangat menentukan kemenanganya dalam Pemilihan Walikota dan Walikota Kota Malang Beberapa bulan kebelakangan ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:52
Last Modified: 06 Apr 2016 08:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo