UMM Institutional Repository

STRATEGI KEPALA DESA DALAM MENERTIBKAN ADMINISTRASI DESA (Studi di Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek)

Wipratama, Dandy (2014) STRATEGI KEPALA DESA DALAM MENERTIBKAN ADMINISTRASI DESA (Studi di Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dandywipra-37509-2-babi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dandywipra-37509-1-lembarp-n.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Administrasi desa merupakan rangkaian kegiatan penataan atau pembukuan terhadap pekerjaan pemerintahan yang dilakukan oleh aparat desa dalam kerjasama mencapai sebuah tujuan yaitu tertib administrasi, baik administrasi umum, administrasi keuangan, administrasi pembangunan, administrasi penduduk dan lain-lain. Administrasi desa merupakan suatu langkah tepat dalam mewujudkan tatanan pemerintahan desa yang baik dan berkarakter. Sehubungan dengan hal tersebut maka pemerintah desa mengupayakan segala aspek internal dan eksternal untuk mendukung terwujudnya desa yang maju. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian di Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa beberapa bentuk strategi yang dilakukan kepala desa demi mewujudkan tertib administrasi adalah melalui penekanan anggaran belanja tahunan agar tidak melebihi batas kuota yang telah ditentukan. Hal itu dapat dijadikan prioritas agar pembengkakan anggaran belanja dapat terhindari. Selanjutnya pembenahan sarana dan prasarana merupakan hal pokok yang harus dijalankan, mengingat pemfasilitasan yang baik juga mempengaruhi kinerja dan kreativitas para pegawai kantor dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sehubungan dengan hal tersebut pembinaan pegawai wajib dilakukan agar tatanan administrasi lebih terorganisir dan pencapaian target lebih optimal. Beberapa alternatif pemecahan masalah yang dapat disarankan dalam mengatasi rendahnya tertib administrasi Desa Tawing adalah melalui peningkatan kualitas dari para staff pegawai melalui beberapa pendidikan dan pelatihan, melakukan beberapa pembenahan sarana dan prasarana kantor untuk menunjang kinerja dan kreativitas para pegawai, serta melibatkan masyarakat sekitar untuk ikut ambil bagian dalam proses penertiban administrasi desa. Hal itu dimaksudkan agar hubungan pemerintah desa dan masyarakat desa lebih selaras demi mewujudkan desa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:45
Last Modified: 06 Apr 2016 08:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo