UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI RENCANA TATA RUANG Studi : Implementasi Penetapan Bagian Wilayah Kota Di Kabupaten Manokwari

Rosita, Fitriani (2014) IMPLEMENTASI RENCANA TATA RUANG Studi : Implementasi Penetapan Bagian Wilayah Kota Di Kabupaten Manokwari. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitrianiro-37510-2-babi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitrianiro-37510-1-pendahul-n.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan kota yang cukup tinggi membawa dampak dalam berbagai bidang kehidupan, tidak hanya terbatas pada masalah fisik saja, tetapi juga dalam bidang eknomi, sosial, budaya dan politik. Permasalah di kota manokwari ini akibat menurunnya daya dukung kota, khusunya ketersediaan lahan akibat pertumbuhan penduduk. Disamping itu pertumbuhan penduduk dan perubahan tidak lepas dari kapasitas kota, sehingga penyesuaian terhadap efisiensi perlu mendapatkan perhatian yang serius atas dasar kota yang relatife sempit. Oleh karena itu Rencana Tata Ruang Kota (RTRK), harus bersifat komodatif dalam mengatasi tuntutan dan perubahan masyarakat karena tujuan perencanaan kota agar kehidupan warga kota dapat terwujud secara aman, tertib, melalui perwujudan pemanfaatan ruang kota yang serasi dan seimbang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daya dukung pertumbuhan dan perkembangan kita, pemanfaatan ruang kota sejalan dengan tujuan serta kebijaksanaan Pembangunan Daerah. Karena bagaiamanapun pembangunan yang baik belum tentu terselesaikan permalasahan perkotaan, untuk itu perlu diimplementasikan kebijakan pemerintah daerah dalam pelaksanaanperencanaan tata kota. Penyusun ini dilakukan dengan mengguanakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, serta observasi setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh berdasarkan (1) Implementasi perencanaan tata ruang kabupaten Manokwari sudah cukup baik. Pemda Manokwari mengacu pada rancangan RTRW Kabupaten Manokwari khususnya masalah penataan perumahan, walaupun selama ini pemerintah lebih fokus dipengembangan wailayah. Karena itu, bagian wilayah Kota merupakan daerah transisi antara pusat daerah kota dengan daerah pinggiran kota. Sebagai daerah eksistensi dari pusat kota maka BWK memiliki peranan sebagai daerah penunjang pusat kota serta daerah lain yang berada dibelakangnya (2) kendala-kendala dalam realisasi rencana detail tata ruang Kabupaten Manokwari adalah terbatasnya lahan yang tersedia, tingginya urbanisasi, terbatasnya informasi dan terbatasnya kemampuan Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan perumahan, disamping itu terbatasnya aparat dalam bidang perencanaan Tata Ruang Kota, menyebabkan bertambahnya perencanaan dan aplikasi pelaksanaan di lapangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:43
Last Modified: 06 Apr 2016 08:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo