UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2001 TENTANG PEMBERANTASAN TEMPAT PROSTITUSI (Studi di Kawasan Wisata Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan)

Hidayatullah, Muhammad Reza (2014) EFEKTIFITAS PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2001 TENTANG PEMBERANTASAN TEMPAT PROSTITUSI (Studi di Kawasan Wisata Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadre-36265-1-pendahul-n.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadre-36265-2-babi.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dapat kita ketahui bahwa dalam praktek prostitusi di Kawasan Wisata Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan menunjukkan suatu perkembangan dimana para pelaku dan warga sekitar ikut serta dan saling menjaga dalam praktek prostitusi di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dimana fakta-fakta yang diperoleh dari hasil penelitian dilapangan maupun dari data studi kepustakaan dan dianalisa agar dapat ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian, didapatkan hasil seperti banyaknya PSK yang terjaring di kawasan wisata Tretes Kecamatan Prigen yaitu sebanyak 23 kasus pelanggaran perda, selain itu sebaiknya Kabupaten Pasuruan mempunyai lembaga pembinaan khusus bagi PSK untuk menuntun para PSK kembali kejalan yang benar atau lebih tepatnya menyadarkan mereka kejalan yang lebih benar. Selain itu, lembaga pembinaan tersebut juga memberikan pembekalan yang dapat digunakan setelah mereka bebas menjalani hukuman.Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa 4 dari 5 faktor yang digunakan sebagai tolak ukur efektifitas suatu peraturan, tidak terpenuhi pada Perda No. 10 Tahun 2001. Lemahnya penegakan hukum tersebut adalah faktor hukumnya, faktor penegak hukum, faktor fasilitas/sarana dan faktor masyarakat yakni lingkungan tersebut. Karena adanya kelemahan dari 5 faktor tersebut yang menjadi tolak ukur suatu peraturan, maka dapat dikatakan Perda No. 10 Tahun 2001 tidak berlaku efektif. Adapun faktor-faktor penghambat bagi Satuan Polisi Pamong Praja yaitu tidak adanya lembaga khusus untuk menangani para PSK, kurangnya sarana dan prasarana, minimnya jumlah Anggota Sat Pol PP, banyaknya faktor kepentingan dalam perputaran perekonomian disekitar tempat prostitusi, kebocoran informasi tentang operasi/razia dan tidak adanya wewenang bagi PPNS untuk menahan para PSK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:15
Last Modified: 06 Apr 2016 08:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo