UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN DAN RETRIBUSI PARKIR (Study Kasus Atas Kenaikan Tarif Retribusi Parkir di Kota Batam)

PURWANTIKA, FADHIA (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN DAN RETRIBUSI PARKIR (Study Kasus Atas Kenaikan Tarif Retribusi Parkir di Kota Batam). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fadhiapurw-36267-1-pendahul-n.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fadhiapurw-36267-2-babi.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan tarif parkir di jalan umum sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2012 di Kota Batam. Dalam pelaksanaan implementasi kebijakan Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir khusunya parker di tepi jalan umum seringkali ditemukan banyak masalah. Masalah yang sering ditemukan benyaknya juru parker illegal, tarif parker yang tidak sesuai degan peraturan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pelaksanaan Implementasi kebijakan Perda Nomor 1 Tahun 2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini keseruruhan berjumlah 16 orang. Lokasi penelitian ini adalah dinas pendapatan dan dinas perhubungan Kota Batam, Nagoya, Batam Centre, Jodoh dan Batu Aji Teknis analisi data dengan menggunakan model analisi interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tugas dan fungsi UPTD Parkir Kota Batam adalah melaksanakan kebijakan Perda Nomor 1 Tahun 2012 khususnya parkir di tepi jalan umum untuk mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam. Dalam proses implementasi Perda tersebut UPTD Parkir menjalankan tugas melalui tahap sosialisasi, pelaksanaan, dan pengawasan atau pengendalian. Sosialisasi menggunakan dua tahap yaitu sosialisasi langsung dengan memberikan informasi langsung kepada pengelola dan juru parker. Sosialisasi tidak langsung dilaksanakan melalui informasi pada media massa, radio, dan spanduk. Tahap pelaksanaan Perda Parkir dilaksanakan mulai 1 Agustus 2012 melai dilaksanakan dengan tarif sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2012. Dalam tahap pengawasan pihak UPTD Parkir Kota Batam bentuk tim atau badan pengawas dengan melibatkan Kepolisian, Satpol PP, dan asosiasi parker. Komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi dinilai paling berpegaruh terhadap Implementasi Kebijakan Perda Nomor 1 Tahun 2012 ini. Pada akhirnya dengan pelaksanaan kinerja penataan parkir yang masih belum berjalan baik, hal ini berdampak terhadap tidak terealisasiya target yang telah ditentukan dalam tahun 2013 sehingga dalam lima tahun terakhir hingga sekarang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir belum sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:08
Last Modified: 06 Apr 2016 08:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25056

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo