UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN MANAJEMEN PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH INKLUSIF DI SDN 2 SEMAMBUNG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2013-2014

ERHAERISTA, NUR DIANA KHOLIDAH (2015) PELAKSANAAN MANAJEMEN PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH INKLUSIF DI SDN 2 SEMAMBUNG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2013-2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurdianakh-38647-1-pendahul-n.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurdianakh-38647-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Sekolah inklusif merupakan kebijakan baru yang menempatkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk belajar bersama siswa non ABK di sekolah reguler. Pelaksanaan sekolah inklusif dianggap sebagai solusi dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi ABK. Namun, pada kenyataannyamasih terdapat ABK yang harus menempuh pendidikan dasar selama 12 tahun, sehingga perlu adanya peninjauan terhadap pelaksanaan manajemen sekolah inklusif khususnya pada manajemen proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan manajemen proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan sekolah inklusif di SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo pada Tahun Ajaran 2013-2014, (2) kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam melaksanakan manajemen proses pembelajaran sekolah inklusif pada tahun ajaran 2013-2014, dan (3) upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam melaksanakan manajemen proses pembelajaran sekolah inklusif pada tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa ABK SDN 2 Semambung. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan manajemen proses pembelajaran mencakup perencanaan pengorganisasian kelas sudah disesuaikan dengan kebutuhan ABK, namun pada perencanaan pembelajaran kurang mendeskripsikan layanan terhadap ABK, pelaksanaan pembelajaran juga masih belum optimal sehingga perkembangan ABK lambat, dan monitoring terhadap pelaksanaan pembelajaran masih belum ada bukti fisik sehingga evaluasi terhadap pembelajran ABK sulit dilakukan, (2) hambatan yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan manajemen proses pembelajaran yaitu belum ada pedoman yang baku dalam penyelenggaraan sekolah inklusif, sarana dan prasarana belum tersedia, belum ada tenaga ahli, orang tua siswa non ABK belum bisa menerima keberadaan ABK di sekolah. (3) upaya yang dihadapi sekolah dalam mengatasi hambatan yang ada ialah kepala sekolah mencari informasi dari berbagai sumber mengenai penyelenggaraan sekolah inklusif, mengajukan pengadaan sarana dan prasarana kepada dinas kabupaten, kepala sekolah berusaha memberikan pemahaman kepada para orang tua peserta didik mengenai keberadaan ABK di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:56
Last Modified: 06 Apr 2016 07:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25046

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo