UMM Institutional Repository

KAJIAN PERAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN HUTAN DI TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU (TNBTS) (Studi Kasus: Desa Ranu Pane Kec.Senduro Kab.Lumajang)

ACHMAT, RIZAL FARISTA (2014) KAJIAN PERAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN HUTAN DI TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU (TNBTS) (Studi Kasus: Desa Ranu Pane Kec.Senduro Kab.Lumajang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalfaris-38003-1-coversk-i.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalfaris-38003-2-babi.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah mempelajari potensi-potensi masyarakat pemerhati hutan terhadap pembangunan hutan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui peran masyarakat dalam membangun hutan di Ranu Pane Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 2) Mengetahui bentuk yang sudah terwujud dari hasil pembangunan hutan disekitar kawasan Ranu Pane Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?. Metode Penelitian: penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2013, di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun teknik pengambilan responden atau informannya dilakukan dengan purposive sampling. Responden yang dipilih yaitu masyarakat yang beraktivitas dalam kawasan taman nasional, dan masyarakat sekitar. Upaya pemberdayaan masyarakat juga dapat dilihat dari sisi keberadaanya sebagai suatu program ataupun sebagai suatu proses. Pemberdayaan sebagai suatu program, dimana pemberdayaan dilihat dari tahapan-tahapan kegiatan guna mencapai suatu tujuan yang biasanya sudah ditentukan jangka waktunya. Konsekuensi dari hal ini, bila suatu program selesai, dianggap pemberdayaan sudah selesai dilakukan. Hal ini banyak terjadi dengan sistem pembangunan berdasarkan proyek yang banyak dikembangkan oleh lembaga-lembaga pemerintah. Sementara itu, pemberdayaan sebagai suatu proses, pemberdayaan merupakan proses yang berkesinambungan sepanjang hidup seseorang. Dari hasil pengamatan menunjukan bahwa masyarakat desa Ranu Pane memiliki kesadaran terhadap pembangunan hutan, pelanggaran yang terjadi pada kawasan Resort Ranu Pane sangat rendah karena hubungan masyarakat dengan pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terjalin baik. Meskipun sebagian besar tingkat pendidikan masyarakat desa Ranu Pane hanya mengenyam pendidikan sekolah dasar (SD), akan tetapi kesadaran akan lingkungan tetap tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:49
Last Modified: 06 Apr 2016 07:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25042

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo