UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN PENDEM 1 BATU MALANG

Hidayati, Nurul (2015) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN PENDEM 1 BATU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-38649-1-pendahul-n.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-38649-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA menuntut siswa untuk mempunyai sikap ilmiah. Sikap ilmiah dapat diwujudkan dengan kegiatan pembelajaran siswa menggali pengetahuannya sendiri dengan menemukan dan memecahkan masalah sendiri. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dibutuhkan bahan ajar untuk mengaktifkan siswa, menuntut siswa untuk menalar, serta menggali pengetahuan siswa melalui kegiatan pembelajaran dalam sebuah bahan ajar LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa LKS berbasis scientific dalam pembelajaran IPA kelas V SD dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Bord & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, peneliti ini berhenti sampai tahap kedelapan yakni tahap uji coba pemakaian. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain dan komponen bahan ajar LKS berbasis scientific menunjukkan persentase 90,18% dengan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 89,41%, sedangkan hasil yang diperoleh dari pembelajaran IPA SD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 88,23%. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 10 siswa kelas V-C SDN Pendem 01 menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase respon positif siswa sebesar 97%. Sedangkan uji coba kelompok besar pada 30 siswa kelas V-A menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 97,67%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKS berbaisis scientific dalam pembelajaran IPA dapat dijadikan sebagai bahan ajar pada pembelajaran IPA kelas V SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:48
Last Modified: 06 Apr 2016 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25041

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo