UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI BAKAU (Rhizophora mucronata Lamk) PADA BERBAGAI ZONA TUMBUH DI TAMAN NASIONAL BALI BARAT (TNBB)

INDAH, NURFITRIA PUSPA (2014) IDENTIFIKASI BAKAU (Rhizophora mucronata Lamk) PADA BERBAGAI ZONA TUMBUH DI TAMAN NASIONAL BALI BARAT (TNBB). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriap-37414-1-pendahul-n.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriap-37414-2-i.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Kawasan Taman Nasional Barat (TNBB) merupakan salah satu kawasan yang memiliki hutan mangrove. Pada Kawasan TNBB sering dijumpai jenis Rhizophora mucronata Lamk dapat tumbuh pada zona yang berbeda. R. mucronata Lamk mempunyai ciri-ciri akar tunjang, daun yang tebal, tumbuh di di daerah yang dipengaruhi pasang surut air laut. Penelitian dilaksanakan di TNBB mulai bulan Agustus sampai September 2013. Penelitian dimulai dengan survey pendahuluan, pembuatan plot, pengambilan contoh diambil secara acak, penentuan lokasi pengamatan ada empat yang mewakili zona tumbuh dari R. mucronata Lamk yaitu, Teluk Banyuwedang, Teluk Cekik, Teluk Gilimanuk, dan Teluk Terima, dari lokasi penelitian ini dilakukan pengukuran batang, daun, dan akar R. mucronata Lamk dan peubah lingkungan, selanjutnya data yang didapatkan diolah dengan uji t, uji BNt, dan analisa regresi. Peubah yang diamati meliputi morfologi R. mucronata Lamk yaitu, batang (tinggi, diameter, dan pepagan), daun (bentuk, pangkal, ujung, permukaan, ketebalan, tepi daun, serta pertulangan daun), akar (diameter, dan jumlah) dan peubah lingkungan (suhu, salinitas, pH, dan substrat). Data yang telah terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif kemuadian dilanjutkan dengan analisa regresi untuk mengetahui hubungan morfologi R. mucronata Lamk dengan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pengukuran tinggi batang yang paling tinggi, diameter batang yang paling besar, dan diameter akar yang paling besar tumbuh di Teluk Terima, untuk kandungan klorofil yang paling tinggi dan helaian daun yang paling panjang tumbuh di Teluk Banyuwedang, sedangkan jumlah akar yang paling banyak, suhu paling tinggi, salinitas paling tinggi, dan pH yang paling tinggi adalah Teluk Gilimanuk, dan hasil KTK yang paling tinggi adalah Teluk Cekik, sedangkan ketebalan daun pada setiap lokasi bisa dikatakan sama. Hasil analisa tekstur tanah pada substrat menunjukkan bahwa setiap habitat tumbuh R. mucronata Lamk menunjukkan bahwa kandungan pasir paling tinggi adalah Teluk Gilimanuk, kandungan debu paling tinggi adalah Teluk Terima, kandungan liat pada masing-masing habitat tumbuh sama. Sedangkan tingkat hubungan antara variabel morfologi R. mucronata Lamk dan variabel lingkungan adalah baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:44
Last Modified: 06 Apr 2016 07:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo