UMM Institutional Repository

PERMASALAHAN GURU DALAM PENGGUNAAN BUKU TEKS PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR KELAS IV KECAMATAN JUNREJO BATU

FATMAWATI, RENI (2015) PERMASALAHAN GURU DALAM PENGGUNAAN BUKU TEKS PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR KELAS IV KECAMATAN JUNREJO BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renifatmaw-38653-1-pendahul-n.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renifatmaw-38653-2-babi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 belum dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh guru karena banyak perubahan yang menyebabkan terjadinya permasalahan. Permasalahan tersebut diantaranya, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran guru dituntut untuk melakukan analisis buku guru maupun buku siswa, pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific, dan bentuk penilaian pembelajarannya otentik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi guru dalam penggunaan buku teks pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV SD Kecamatan Junrejo Batu, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan guru dalam penggunaan buku teks pada pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV SD Kecamatan Junrejo Batu, (3) mengidentifikasi upaya yang dilakukan guru dalam penggunaan buku teks pada pelaksanaan kurikulum 2013 kelas IV SD Kecamatan Junrejo Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitiannya adalah guru Sekolah Dasar kelas IV Kecamatan Junrejo Batu, yang terdiri dari SDN Mojorejo 1, Torongrejo 1, dan Junrejo 2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru mengalami permasalahan, (1) dalam penggunaan buku teks guru tidak melakukan analisis terlebih dahulu, dalam menyusun RPP guru kesulitan menyesuaikan KD dan indikator, dan menurunkannya menjadi tujuan pembelajaran, serta cenderung menonjolkan satu muatan pelajaran saja. Saat pelaksanaan pembelajaran guru kesulitan mengembangkan materi dan penguasaan guru dalam pembelajaran scientific serta konstekstual juga masih kurang, selain itu dalam penilaian guru kurang menguasai teknik dan prosedur penilaian dalam kurikulum 2013, (2) faktor penyebab permasalahan tersebut berasal dari tuntutan kurikulum sendiri. Hal ini dikarenakan adanya pembaharuan buku teks yang terdiri dari buku guru dan siswa, teknik dan prosedur penilaian yang rumit, dan adanya ketidak sesuaian materi yang terdapat pada buku dengan lingkungan sekitar, (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan diskusi sesama sekolah sasaran kurikulum 2013. Selain itu guru berusaha mencari referensi lain dari luar buku teks yang disediakan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:36
Last Modified: 06 Apr 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25030

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo