UMM Institutional Repository

MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA IBU DAN ANAK DALAM PERKEMBANGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MALANG (Studi Pada Siswa SMA Negeri 8 Malang Dan Ibunya)

Tunjungsari, Yurike Rizki (2014) MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA IBU DAN ANAK DALAM PERKEMBANGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MALANG (Studi Pada Siswa SMA Negeri 8 Malang Dan Ibunya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yurikerizk-36759-1-pendahul-n.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yurikerizk-36759-2-babi.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model komunikasi interpersonal antara Ibu dan anak dalam perkembangan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Malang. Pada dasarnya, komunikasi interpersonal merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia untuk membina suatu hubungan yang harmonis. Komunikasi interpersonal terjadi dalam keluarga. Model komunikasi interpersonal antara Ibu dan anak berpengaruh terhadap perkembangan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti memilih Ibu dan siswa SMA sebagai subyeknya, karena Ibu memegang peranan penting terhadap perkembangan prestasi anaknya, selain itu siswa SMA yang merupakan seorang remaja dianggap paling relevan untuk dijadikan subyek penelitian dilihat dari tingkat kedewasaan dalam berpikirnya. Untuk menganalisis model komunikasi antara Ibu dan anak dalam perkembangan prestasi belajar siswa SMA tersebut, peneliti menggunakan analisis data yang meliputi 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana model komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Ibu dan anak dalam perkembangan prestasi belajar siswa SMA di kota Malang dengan menggunakan teori hubungan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa model komunikasi interpersonal komplementer (pelengkapan) dengan pola hubungan one-up/one-down maupun one-down/one-up diterapkan oleh subyek yang tergolong berprestasi di sekolahnya, sedangkan model komunikasi interpersonal simetris kompetitif berpola one-up/one-up cenderung diterapkan oleh subyek yang kurang berprestasi di bidang akademik, namun lebih menonjol di bidang non-akademiknya. Dari beberapa kategori yang digunakan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model komunikasi interpersonal komplementer dapat menimbulkan kenyamanan baik bagi Ibu maupun anak dalam melakukan proses komunikasi interpersonal, sedangkan model komunikasi interpersonal simetris kompetitif cenderung membuat seseorang bersikap defensif karena menganggap bahwa pendapatnya ditentang oleh pihak lain, model komunikasi yang digunakan tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan prestasi belajar siswa di sekolahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:03
Last Modified: 06 Apr 2016 07:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25026

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo