UMM Institutional Repository

CODE MIXING USED IN COSMETIC ADVERTISEMENT ON INDONESIAN TELEVISION COMMERCE

AMALIA, NURUL (2015) CODE MIXING USED IN COSMETIC ADVERTISEMENT ON INDONESIAN TELEVISION COMMERCE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulamali-38153-2-chapteri.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulamali-38153-1-pendahul-n.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk-bentuk dari kode campuran yang digunakan di iklan kosmetik Indonesia dan pengaruh dari kode campuran dalam iklan kosmetik yang muncul pada stasiun televisi Indonesia pada kalangan siswa sebagai penonton. Dalam menganalisa bentuk bentuk dan pengaruh dari kode campuran di iklan kosmetik, peneliti menggunakan metode penelitian campuran, menggabungkan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Data diambil dari tiga stasiun televisi Indonesia: RCTI< SCTV< and Trans 7. Pengambilan data selama tiga hari antara pukul 20.00 WIB – 21.00 WIB. Data pertama diambil dan ditulis dari iklan kosmetik yang mengandung kode campuran kemudian dianalisa untuk menentukan bentuk-bentuk dari kode campuran yang digunakan pada iklan kosmetik. Hasilnya, ditemukan tiga bentuk dari kode campuran, antara lain: kata, frase, dan klausa. Selain itu, untuk hasil dari pengaruh kode campuran di iklan kosmetik pada kalangan siswa sebagai penonton, data diambil dari kuesioner. Selanjutnya, kuestioner tersebut dibagikan kepada partisipan dari 65 siswa yaitu mahsiswa Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Malang. Pernyataannya berisi 20 pernyataan. Kesimpulan yang didapat bahwa kode campuran digunakan secara umum di iklan kosmetik dan meninggalkan pengaruh yang sangat kuat pada penonton, seperti para penonton sangatlah mudah menghapal produk kosmetik yang menggunakan kode campuran dan memberikan tujuan komunikasi yang efektif. Hasilnya menunjukkan bahwa kode campuran di iklan kosmetik diterima oleh mahasiswa sebagai media yang berguna untuk membuat bahasalebih efektif selama menarik perhatian penonton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:59
Last Modified: 06 Apr 2016 06:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25025

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo