UMM Institutional Repository

MOTIVASI MEMBUAT TATO PADA REMAJA Studi Pengguna Tato Permanen Pada Remaja Perempuan Di Kota Malang

Fiani, Irin Nurul (2014) MOTIVASI MEMBUAT TATO PADA REMAJA Studi Pengguna Tato Permanen Pada Remaja Perempuan Di Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irinnurulf-36993-1-pendahul-n.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irinnurulf-36993-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Pergerseran makna tato di era ini merupakan suatu fenomena sosial yang dimana tato sudah menjadi bagian dari budaya pop karena banyak diminati berbagai kalangan terutama remaja perempuan di Kota Malang. Para remaja perempuan ini sudah berani memperlihatkan tato mereka didepan umum. Tanpa memikirkan stigma negatif dari masyarakat sekitar yang melihatnya. Mengingat tragedi petrus (penembakan misterius) ditahun 80 an bagi pelaku kriminal yang kebanyakan mempunyai tato. Akibatnya, tato cenderung dinilai negatif bagi sebagian masyarakat Indonesia sampai sekarang. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui tentang motivasi remaja perempuan mentato tubuhnya dan citra yang seperti apa yang ingin diharapkan melalui tato. Fenomena ini dianalisis menggunakan teori motivasi Maslow dan teori ideologi Marxis. Dan metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan subyek penelitian yang memiliki kriteria yaitu remaja perempuan bertato berumur 16 sampai 21 tahun, bersedia menjadi subyek penelitian dan berdomisili di Malang. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat motivasi intrinsik dan ekstrinsik yaitu sebagai simbolisasi nilai hidup dan pengaruh lingkungan sosial. Dan citra diri yang diharapkan adalah sebagai bentuk profesi yaitu seniman tato, pencinta tato dan gaya hidup. Dan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi yang melatar belakangi remaja perempuan membuat tato permanen sangat beragam, intrinsik maupun ekstrinsik. Begitupun dengan citra diri yang diharapkan setelah ditato antara lain sebagai profesi atau seniman tato, pencinta tato dan gaya hidup. Selain itu juga tato sebagai media komunikasi yang dimana terdapat pesan atau isyarat yang ingin dikomunikasikan kepada orang lain melalui desain tato dari pemilik tato.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:54
Last Modified: 06 Apr 2016 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25020

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo