UMM Institutional Repository

PENGARUH PESAN NON-VERBAL SUPORTER SEPAKBOLA TERHADAP SEMANGAT TIM SAAT BERTANDING

Ardiansyah, Irzam Fikri (2014) PENGARUH PESAN NON-VERBAL SUPORTER SEPAKBOLA TERHADAP SEMANGAT TIM SAAT BERTANDING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irzamfikri-36994-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irzamfikri-36994-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Dalam suatu pertandingan maka tak dipungkiri pula bahwa klub memiliki basis pendukung atau fans yang selalu hadir mendukung langsung ke stadion. Itu bisa terlihat disetiap sudut stadion saat pertandingan yang dijalani. Disini peran suporter sangat dominan dengan memberikan suntikan motivasi dan semangat langsung berupa pesan verbal maupun non-verbal. Pesan verbal itu sendiri misalkan yel-yel yang dinyanyikan dan teriakan-teriakan penggugah semangat, bisa juga berupa tulisan-tulisan spanduk yang isinya adalah untuk mengintimidasi pemain lawan serta memberikan motivasi dan dukungan terhadap tim mereka sendiri. Sedangkan pesan non-verbal nya bisa berbentuk simbol-simbol yang lain seperti bendera, gerakan tubuh, konfigurasi warna, lambaian syal, kembang api, ataupun kreasi yang lainya. Dan ini semua di buat dengan maksud untuk meberikan dukungan moril secara langsung pada saat di stadion tempat berlangsungnya pertandingan. Rumusan masalah yaitu (1) Adakah pengaruh pesan non-verbal suporter sepakbola terhadap semangat tim saat bertanding? (2) Seberapa besar pengaruh pesan non-verbal suporter sepakbola terhadap semangat tim saat bertanding? Teori yang digunakan adalah teori SOR, prinsip stimulus respons pada dasarnya merupakan suatu prinsip belajar yang sederhana, di mana efek merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu. Prinsip Stimulus-Organisme-Respons pada dasarnya merupakan dasar dari teori jarum hipodermik, teori klasik mengenai proses terjadinya media massa yang sangat berpengaruh. Diasumsikan pula bahwa terpaan pesan-pesan media dalam tingkat tertentu akan menghasilkan efek. Jadi kontak dengan media cenderung diartikan dengan adanya pengaruh tertentu dari media, sedangkan individu yang tidak terjangkau oleh terpaan media tidak akan terpengaruh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif, Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian asosiatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah pengaruh pesan non-verbal suporter sepakbola terhadap semangat tim saat bertanding, sementara obyek penelitiannya difokuskan kepada para pemain Arema Cronus yang berlaga di Indonesian Super League, dengan sampel sebanyak 30 pemain. Analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda menunjukkan hasil sebesar 65,3%, hal ini dapat diketahui bahwa variabel bebas pesan non verbal berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu semangat tim bermain. (2) Pengaruh pesan non verbal terhadap semangat tim sepak bola arema dalam bertanding adalah 69,2% dilihat dari nilai R2, hal ini menunjukkan bahwa tim pemain sepak bola arema ini sangat dipengaruhi oleh adanya pesan non verbal dari para pendukungnya saat bertanding di lapangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:51
Last Modified: 06 Apr 2016 06:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25018

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo