UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN LIPUTAN MEDIA INDONESIA DAN AUSTRALIA PADA BERITA PENYADAPAN AUSTRALIA TERHADAP INDONESIA (Analisis Framing www.tempo.co dan www.smh.com.au)

Apriliyanto, Johan (2014) PERBANDINGAN LIPUTAN MEDIA INDONESIA DAN AUSTRALIA PADA BERITA PENYADAPAN AUSTRALIA TERHADAP INDONESIA (Analisis Framing www.tempo.co dan www.smh.com.au). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-johanapril-36996-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-johanapril-36996-2-babi.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Hadirnya internet memudahkan khalayak untuk mendapatkan informasi dimanapun dan kapanpun. Sentuhan internet dalam dunia media modern memberikan kontribusi aktif sehingga sajian yang dihadirkan tidak lagi monotone, melainkan lebih interaktif dan segar. Media memiliki style dan kemasan tersendiri dalam menyampaikan beritanya. Penyusunan kata dan kalimat yang dihadirkan dalam penyampaian berita dapat menimbukan berbagai pandangan yang berbeda ketika dibaca oleh khalayak. Pembongkaran kasus penyadapan Australia terhadap Indonesia mengundang berbagai reaksi dari berbagai pihak, khususnya masyarakat Indonesia dan Australia. Media sebagai tempat untuk memyampaikan informasi dituntut untuk memberitakan peristiwa sesuai dengan yang terjadi dilapangan. Media mengonstruksi berita dengan latar belakang yang berbeda serta penonjolan pemberitaan dari berbagai sisi. Analisis framing pada berita penyadapan Australia terhadap Indonesia di media online (analisis framing pada www.tempo.co dan www.smh.com.au ) bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah media, khususnya media online membingkai peristiwa yang melibatkan dua Negara. Menggunakan satu media dari Indonesia dan satu media dari Australia sebagai subjek penelitian, diharapkan dapat menjawab bagaimana framing yang dilakukan oleh dua media dalam memberitakan peristiwa yang melibatkan dua Negara. Apakah masing masing media berusaha memberitakan kearah objektif atau justru memihak salah satu Negara. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif. Metode Pan dan Kosicki digunakan untuk meganalisa data berupa artikel dari dua media online Indonesia dan Australia yang memiliki kesamaan pembahasan tentang kasus penyadapan Australia terhadap Indonesia Menggunakan media online www.tempo.co yang dimiliki oleh PT. Tempo Inti Media, Indonesia dan www.smh.com.au yang dimiliki oleh Fairfax Media, Australia diharapkan dapat mengetahui bagaimana dua media ini mengemas peristiwa dalam sebuah berita. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, framing pada berita penyadapan Australia terhadap Indonesia yang dilakukan www.tempo.co yang dimiliki oleh PT Tempo Inti Media terlihat keberpihakan kepada Indonesia, sementara pemberitaan yang dilakukan www.smh.com.au yang dimiliki oleh Fairfax Media berupaya untuk memberitakan secara objektif. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana serta referensi untuk masyarakat tentang gambaran keberpihakan media dalam memberitakan peristiwa yang melibatkan dua Negara, serta memberikan gambaran kepada masyarakat agar lebih jeli dalam memilah dan memilih berita dan lebih kritis dalam memaknai pesan yang disampaikan oleh suatu berita. Media terkadang memberikan pengaruh terhadap makna yang diterima oleh masyarakat yang seharusnya disadari oleh masyarkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:43
Last Modified: 06 Apr 2016 06:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25012

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo