UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA SANTRI KALIMANTAN DENGAN SANTRI JAWA (Studi pada Santri Kalimantan Dipondok Pesantren Tebuireng Jombang)

Effendhi, Kurniadi (2014) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA SANTRI KALIMANTAN DENGAN SANTRI JAWA (Studi pada Santri Kalimantan Dipondok Pesantren Tebuireng Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurniadief-36999-1-pendahul-n.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurniawana-34725-2-babi.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas ketertarikan terhadap komunikasi yang terjalin dikarenakan faktor adaptasi dengan lingkungan baru, beradaptasi bukan berarti mengikuti setiap tindakan orang lain, melainkan mencoba memahami dibalik tanpa tertekan oleh situasi. Butuh usaha yang besar untuk memahami komunikasi, salah satunya saat berkomunikasi dengan dengan orang yang berbeda budaya. Maka peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana komunikasi antar budaya yang terjadi pada santri Kalimantan dengan santri jawa yang dituntut untuk mampu berperilaku komunikasi secara efektif agar dapat menciptakan suatu penyesuaian diri terhadap budaya dan lingkungan baru bagi mereka dipondok pesantren tersebut Sesuai dengan rumusan masalah mengenai komunikasi antar budaya tesebut, maka peneliti menjawab dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya. Data-data penelitian dikumpulkan dengan cara , wawancara dan dokumentasi. Sesuai dengan studi penelitian, yang menjadi informan adalah santri kelas 3 Sma yang berasal dari Kalimantan di Pondok Pesantren Tebuireng dengan jumlah 4 orang. Metode yang digunakan teknik purposif sampling. Teknik analisi data yang digunakan peneliti adalah data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification untuk menjaga kredibilitas hasil penelitian, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber sebagai teknik keabsahan datanya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan sebuah upaya dari informan dalam usaha membiasakan diri dengan lingkungan yang baru dengan cara mengubah kebiasaan perilaku komunikasi. Hal ini ditunjukan dengan memahami dan menyesuaikan perilaku komunikasi di daerah tersebut, baik melalui verbal seperti menggunakan bahasa Indonesia, serta menjaga sikap ketika sedang berinteraksi dengan santri jawa. Begitu pula dengan beradaptasi memperhatikan aturan-aturan dan mampu mengurangi ketegangan-ketengangan dalam menjalani kehidupan dengan konteks latar belakang budaya yang jauh berbeda. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa teori akomodasi komunikasi sesuai dengan penelitian ini, yang disebutkan bahwa santri Kalimantan mampu menyesuaikan diri terhadap budaya lain. Kemampuan itu juga dapat dilihat bagaimana cara memilih dan menampilkan perilaku komunikasi yang layak untuk berbagai keadaan, lebih efektif menangani stress atau culture shock, memperluas pengetahuan tentaang budaya serta norma dan nilai budaya daerah lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:40
Last Modified: 06 Apr 2016 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25009

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo