UMM Institutional Repository

PERSEPSI REPORTER KAMPUS TENTANG KONGLOMERASI MEDIA TELEVISI(Studi Pada Reporter Tetap Bestari UMM)

Martin, Lia Amelia (2014) PERSEPSI REPORTER KAMPUS TENTANG KONGLOMERASI MEDIA TELEVISI(Studi Pada Reporter Tetap Bestari UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liaameliam-37001-1-pendahul-n.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liaameliam-37001-2-babi.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya media di Indonesia, semakin banyak memunculkan fakta baru yang disebut dengan konglomerasi. Tak tanggung-tanggung, pemilik media juga menggunakan kesempatan untuk menggabungkan media yang mereka miliki guna meminimalisir pengeluaran namun tetap memaksimalkan pemasukan. Adanya konglomerasi, membuat masyarakat mulai mudah terpengaruh oleh isi media. Media televisi merupakan media yang paling sering dikonsumsi informan yakni reporter tetap Bestari UMM untuk memperoleh informasi. Sementara tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsireporter kampustentang konglomerasi pada media televisi. Konglomerasi media ialah kepemilikan terhadap suatu media untuk memperoleh keuntungan. Media televisi ialah media yang memanfaatkan energi elektromekanis untuk mengakses suatusiaran yang bersifat audio dan visual. Sedangkan persepsiialahproses dimanakitamenjadisadarakanbanyaknya stimulus yang mempengaruhiinderamanusia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimulai dengan wawancara mendalam dengan informan. Informan dalam penelitian ini ialah reporter tetap Bestari UMM sebanyak empat orang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh peneliti. Setelah memperoleh data hasil wawancara, peneliti membuat langkah dengan mereduksi data, merangkum memilih hal yang pokok, penyajian data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan data. Triangulasi sumber untuk kebenaran dan kejujuran dalam penelitian ini dengan membandingkan kinerja masing-masing reporter apakah sesuai dengan pemahaman tentang media, terutama konglomerasi media. Persepsi satu informan dengan informan lain terhadap konglomerasi media televisi ialah negatif. Hal itu dikarenakan konglomerasi terjadi karena kepentingan pemilik media. Sehingga pemilik media akan semakin menggunakan medianya untuk mencari keuntungan. Banyaknya konglomerasi yang terjadi di antara media, termasuk media elektronikyaitutelevisi juga membuka peluang bagi pemilik media untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat dengan adanya konglomerasi media. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi panduan bagi mahasiswa yang ingin meneliti lebih lanjut mengenai konglomerasi media atau persepsi. Selain itu peneliti juga berharap dengan adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat mahasiswa-mahasiswa lainnya terutama mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:37
Last Modified: 06 Apr 2016 06:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25007

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo