UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN TEMAS 02 BATU

HIDAYAH, RIA RIZKY AMALIA THORIQUL (2015) ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN TEMAS 02 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riarizkyam-38656-1-pendahul-n.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riarizkyam-38656-2-babi.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Sumber Belajar merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar, secara fungsional dapat membantu untuk mengoptimalisasi hasil belajar peserta didik dengan melihat kemampuan guru dalam menggunakan sumber belajar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekolah pada pembelajaran IPA kelas III dalam silabus dan RPP guru SDN Temas 02 Batu, (2) mengetahui pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekolah pada pembelajara IPA kelas III SDN Temas 02 Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaiman adanya. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tersebut sumber belajar lingkungan sekolah yang digunakan dapat dinilai sesuai dengan meteri dan indikator yang akan dicapai yaitu dengan sumber belajar lingkungan sekolah peserta didik dapat lebih memahami dan teliti dalam menyebutkan serta menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan lebih mudah membedakan antara makhluk hidup dan benda mati karena peserta didik berperan langsung dalam penggunaan sumber belajar yaitu lingkungan sekolah. (2) pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekolah pada proses pembelajaran IPA kelas III SDN Temas 02 Batu dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan sekolah peserta menjadi lebih aktif dan sangat tertarik dalam pembelajaran. Tetapi guru hanya memanfaatkan lingkungan sekolah yang ada di dalam sekolah saja. 98% guru lebih memanfaatkan lingkungan yang ada di dalam sekolah daripada diluar sekolah yang pada kenyataanya lingkungan di luar sekolah lebih banyak yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dengan materi ciri-ciri makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:45
Last Modified: 06 Apr 2016 04:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24989

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo