UMM Institutional Repository

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS V DI SDN DAWUHAN KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI

DIYAH, RINA RETNONING (2015) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS V DI SDN DAWUHAN KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rinaretnon-38658-1-pendahul-n.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rinaretnon-38658-2-01babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Dalam penerapan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, siswa tidak hanya mendengarkan, mencatatat, dan manghafal materi, tetapi siswa harus terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menerapkan model pembelajaran, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, memudahkan siswa dalam menerima materi, dan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran IPS, (2) mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru pada saat menerapkan model pembelajaran IPS, (3) mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kendala pada saat menerapkan model pembelajaran IPS di kelas V. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan fenomena faktual di lapangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran IPS di kelas V pada materi mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, guru menerapkan model pembelajaran berpikir-berpasang-berbagi, sedangkan pada materi menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia guru menerapkan model pembelajaran inkuiri. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran IPS pada kelas V yaitu guru kesulitan dalam menyampaikan materi, kurangnya media pembelajaran yang disiapkan oleh pihak sekolah, peserta didik susah untuk berkonsentrasi, selain itu dalam pembelajaran kelompok siswa kurang bekerja sama dengan anggota kelompoknya. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut, guru mengkondisikan peserta didik untuk siap menerima pelajaran, guru menggunakan media pembelajaran seadanya, guru memposisikan peserta didik dibangku yang paling depan dan dekat dengan guru, mengajak peserta didik untuk bernyanyi, bercerita, memberi nasehat, dan pada waktu pembelajaran kelompok, guru memberikan tugas kepada semua anggota kelompok dan membimbingnya untuk mengerjakan didalam buku tulisnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:36
Last Modified: 06 Apr 2016 04:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo