UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 MACAM-MACAM SUMBER ENERGI KELAS IV SDN JUNREJO 2 KOTA BATU

ARLIAN, RINDHA TRI (2015) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 MACAM-MACAM SUMBER ENERGI KELAS IV SDN JUNREJO 2 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindhatria-38659-1-pendahul-n.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindhatria-38659-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru masih kurang bervariasi, aktivitas belajar siswa masih rendah dan pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru, sehingga perlu adanya pembaharuan dan peningkatan dalam proses pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered) melalui penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5e. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat aktivitas guru dan siswa pada penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5e tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 macam-macam sumber energi di kelas IV SDN Junrejo 2 Kota Batu, dan (2) hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Junrejo 2 Kota Batu dengan jumlah 31 siswa. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, Soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan model siklus belajar (learning cycle) 5e. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat pencapaian aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I sebesar 83,69% (baik), dan pertemuan II sebesar 86,95% (sangat baik). Tingkat aktivitas siswa pertemuan I sebesar 82,5% dan 80% (baik), sedangkan pertemuan II sebesar 85% dan 85% (sangat baik). Demikian pula dengan hasil belajar siswa berdasarkan KKM yaitu , pertemuan I yaitu 22 siswa tuntas dan 9 siswa belum tuntas. Sedangkan pertemuan II 28 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa pertemuan I adalah 70,96%, artinya tingkat keberhasilan siswa baik. Sementara pertemuan II secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa adalah 90,32%, artinya tingkat keberhasilan siswa sangat baik dan telah memenuhi ketentuan persentase keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa pada penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5e dengan tingkat keberhasilan baik, begitu juga hasil belajar siswa pada penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5e dengan tingkat keberhasilan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:34
Last Modified: 06 Apr 2016 04:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo