UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI III KOTA MALANG

SRIJUDIN, (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI III KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srijudin20-38666-1-1_pendah-n.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srijudin20-38666-2-2_babi.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan bahwa pemahaman siswa terhadap materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di SDN Sumbersari III Kota Malang, masih kurang, penyebab dari masalah tersebut dikarenakan guru masih masih menekankan konsep yang ada di buku dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan siswa tidak diberikan kesempatan berpikir kritis guna memecahkan masalah sekitar berdamfak pada siswa yang kurang aktif, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Sumbersari III Kota Malang, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas III SDN Sumbersari III Kota Malang pada saat diterapkannya model Problem Based Learning (PBL), dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Sumbersari III Kota Malang setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini berasal dari siswa kelas III SDN Sumbersari III Kota Malang dengan jumlah 36 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif maupun kuantitatif. Keterlaksanaan pembelajaran IPA telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) berlangsung dengan baik pada siklus I dan siklus II. Adapun prosentase aktivitas belajar siswa kategori sangat baik siklus I mencapai 58%, dan siklus II mencapai 83%.Sedangkan prosesntase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 56% dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:14
Last Modified: 06 Apr 2016 04:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24979

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo