UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HUKA (HURUF DAN KATA) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SEKOLAH DASAR

KURNIAWATI, TYA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HUKA (HURUF DAN KATA) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyakurniaw-38670-1-pendahul-n.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyakurniaw-38670-2-babi.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis potensi dan masalah diketahui bahwa pembelajaran tematik di kelas IV banyak menggunakan media lingkungan karena pembelajaran lebih banyak bersifat kontekstual. Media yang digunakan juga yang mudah dibuat dan masih sekali pakai. Minimnya media pembelajaran tematik disebabkan belum banyak pelatihan guru dalam membuat media pembelajaran tematik dan guru juga tidak punya banyak waktu untuk membuat media pembelajaran. Penggunaan media memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan ineteraksi antara guru dengan peserta didik. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media Puzzle HuKa dan keefektifannya dalam pembelajaran tematik tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media Puzzle HuKa (Huruf dan Kata) dan menguji efektifitasnya pada pembelajaran tematik tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD terciptanya pembelajaran yang sukses dan dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik kepada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model prosedural Brog and Gall. Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghasilkan produk yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir, (10) produksi massal dan deseminasi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir (2) produk akhir dari pengembangan media ini adalah sepuluh buah Puzzle HuKa yang berdasarkan review ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran memiliki kritera sangat baik (3) hasil rivew oleh ahli media didapat sekor 87,8% sedangkan review oleh ahli materi didapat skor 98,2%, dan ahli pembelajaran didapat skor 94,4% dari skor maksimal masing-masing 100% (4) hasil uji coba terhadap peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan media Puzzle HuKa dalam kategori sangat baik yaitu masing-masing prosentasenya 81,7% dan 82,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:06
Last Modified: 06 Apr 2016 04:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo