UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA PROMOSI DALAM REBRANDING TAMAN WISATA WENDIT MALANG Studi pada Bagian Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang tentang Rebranding

Putri, Mega Amerya (2014) PENGGUNAAN MEDIA PROMOSI DALAM REBRANDING TAMAN WISATA WENDIT MALANG Studi pada Bagian Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang tentang Rebranding. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megaamerya-37008-1-pendahul-n.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megaamerya-37008-2-babi.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Objek wisata Wendit adalah salah satu potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Malang. Dengan keunikan yang dimiliki oleh Wendit diharapkan mampu memberikan kontribusinya dalam pembangunan Kabupaten Malang. Oleh karena itu, pada tahun 2008 Wendit dibuka setelah penututupan totalnya selama satu tahun. Pembukaan kembali objek wisata dengan wajah baru dan nama baru menjadi Wendit Water Park. Sejalan dengan kegiatan rebranding yang dilakukan pada Wendit, Bagian Pemasaran yang berkoordinasi dengan Sub Bagian Promosi dan Informasi melakukan tugasnya untuk mempromosikan objek wisata dengan nama baruWendit Water Park. Kegiatan promosi adalah hal yang penting untuk menginformasikan adanya perubahan pada Wendit kepada masyarakat. Dalam proses promosi penggunaan media sebagai penyampai pesan harus dipikirkan. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah apa yang melatarbelakangi rebranding pada taman wisata Wendit dan Bauran Pemasaran apa yang digunakan untuk media informasi kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi, Dimana hasil penelitian dipaparkan menggunakan kalimat yang menggambarkan situasi yang telah terjadi. Mewawancarai langsung informan secara langsung digunakan peneliti untuk pengambilan data. Dalam penelitian ini menggunakan 3 informan sebagai narasumber, yaitu Kasi Objek Lokasi Wisata, Kasi Sub Bag Promosi dan Informasi dan Kasi Pemasaran. Pengggalian informasi dilakukan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang. Penelitian ini menghabiskan waktu empat bulan dari akhir Januari sampai awal April. Setelah mendapatkan semua informasi peneliti menganalisis data tersebut menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian yang didapatkan data yaitu, rebranding yang dilakukan oleh Wendit Water Park adalah untuk merubah citra negatif yang selama ini melekat pada objek wisata itu. Dengan citra positif pasca rebranding diharapkan dapat mendongkrak PAD Kabupaten Malang. Rebranding dilakukan secara tidak menyeluruh, karena rebranding hanya dilakukan pada aspek fisik dan modifikasi brand saja tanpa merubah tata kelolah. Perubahan tata kelolah baru dengan sistem BLUD direncanakan pada tahun 2012 dan mulai direalisasikan pada tahun 2013. Untuk mempromosikan Wendit Water Park bauran promosi yang dipilih adalah media periklanan dan promosi penjualan. Media periklanan yang digunakan antara lain pamflet, baliho, logo. Untuk alasan penggunaan media tersebut adalah karena pengeluaran anggaran dapat lebih menimalis dengan promosi menggunakan media tersebut. Selain itu penggunaan pamflet dinilai cukup untuk mengenalkan Wendit Water Park melalui gambar dan informasi yang ada pada pamflet tersebut. Sedangkan untuk penggunaan Baliho karena penggunaan hanya beberapa waktu ketika ada event tertentu maka media tersebut dinilai cukup efisien untuk menginformasikan kepada masyarakat dengan meletakkannya didepan pintu masuk Wendit Water Park. Penggunaan Logo adalah pengenalan Wendit Water Park, biasanya logo diletakkan pada pamflet, baliho dan lain-lain yang berhubungan langsung dengan Wendit Water Park. Bauran media promosi lainnya adalah dengan promosi penjualan. Promosi yang dipastikan mampu menyedot animo masyarkat untuk datang ke objek wisata tersebut adalah event rutin yang dilakukan yaitu Hiburan Musik Dangdut. Untuk promosi yang biasa dipublikasikan tentang peristiwa yang melekat pada Wendit adalah Grebeg Tirto Aji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:56
Last Modified: 06 Apr 2016 03:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24961

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo