UMM Institutional Repository

ANALISIS STRATEGI DAN KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN DI BIMBINGAN BELAJAR DAN SEKOLAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS VI SD ALAM AR-ROHMAH KECAMATAN DAU MALANG

DEVIANA, YUYUN (2015) ANALISIS STRATEGI DAN KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN DI BIMBINGAN BELAJAR DAN SEKOLAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS VI SD ALAM AR-ROHMAH KECAMATAN DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yuyundevia-38675-1-pendahul-n.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yuyundevia-38675-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi penyampaian materi dalam pembelajaran matematika di bimbingan belajar dan sekolah pada kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang, (2) Strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di bimbingan belajar dan sekolah pada kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang, (3) Kesesuaian materi bimbingan belajar dengan materi pembelajaran di sekolah pada mata pelajaran matematika pada kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang, (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika di bimbingan belajar dan sekolah pada kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif analisis. Sebagai sumber data, di pilih guru matematika kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang, Tentor matematika kelas VI LBB Air-Langga Sengkaling Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2014. Pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara dan observasi. Observasi bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan guru maupun tentor dalam menggunakan strategi penyampaian materi, strategi pemecahan masalah serta materi yang disampaikan kepada siswa kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang, sedangkan wawancara bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung dari informan atau narasumber yaitu kepada guru kelas VI SD Alam Ar-Rohmah Dau Malang, tentor matematika bimbingan belajar dan siswa yang mengikuti bimbingan belajar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan (1) Adanya perbedaan strategi penyampaian materi yang digunakan guru dengan tentor. (2) Adanya perbedaan strategi yang digunakan guru dengan tentor, namun keduanya memiliki persamaan mengenai langkah-langkah dalam membantu siswa yang kesulitan dalam hal pemecahan masalah di pembelajaran. (3) Adanya perbedaan dalam penggunaan materi oleh guru dengan tentor. (4) Siswa menyukai strategi penyampain materi pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru, tetapi siswa lebih menyukai cara praktis dan kata kunci yang diberikan oleh tentor di LBB dikarenakan lebih memudahkan mereka dalam menyelesaikan soal dengan mudah dan cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:49
Last Modified: 06 Apr 2016 03:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo