UMM Institutional Repository

STRATEGI REBRANDING KOTA BATU (Studi Pada Pemerintah Kota Batu)

Yahya, Muh. Rifaul (2014) STRATEGI REBRANDING KOTA BATU (Studi Pada Pemerintah Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhrifauly-37010-1-pendahul-n.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhrifauly-37010-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini didasari karena adanya perubahan tagline dari Kota Batu. Perubahan itu, dari Kota Wisata Batu (KWB) menjadi “Shining Batu”. Mengingat tagline Kota Wisata Batu yang ada sudah melekat dibenak setiap orang. Ketika mengatakan kota wisata pasti sebagian besar merujuk pada Kota Batu. Namun, Kota Batu menggantinya dengan tagline baru “Shining Batu”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi rebranding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi rebranding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu Rebranding bertujuan untuk membentuk citra baru dan untuk memberikan identitas baru bagi sebuah instansi yang tentunya menjadi pembeda dengan pesaingnya. Muzellet dkk, merumuskan proses rebranding melalui empat tahapan yaitu Pertama, repositioning, menentukan kembali positioning. Kedua, renaming, membuat penamaan baru. Ketiga, redesign, mendesain logo dan slogan yang dipakai. Keempat, relaunch, tahap pengenalan dari rebranding yang dilakukan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan data deskriptif dari wawancara, sehingga menghasilkan uraian mengenai strategi rebranding yang dilakukan oleh pemerintah Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi rebranding Kota Batu melalui proses sistematis yaitu dari repositioning, renaming, redesign, dan relaunch. Adapun pihak yang melakukan adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batu, dibantu 1 pihak ketiga. Kota Batu melakukan rebranding karena disesuaikan dengan visi misi dari Kota Batu untuk menjadikan Kota Batu sebagai pariwisata internasional. Rebranding dari Kota Batu merupakan tipe rebranding complete changes. Pengukuran keberhasilan rebranding Kota Batu akan dilakukan 5 tahun. Pengembangan Kota Batu masih banyak pada wisata buatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:48
Last Modified: 06 Apr 2016 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24958

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo