UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KARTU TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALWERU DAU MALANG

Candra, Firmansyah Abdi (2014) PENGGUNAAN MEDIA KARTU TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALWERU DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firmansyah-36854-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firmansyah-36854-2-babi.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Masalah-masalah sosial dalam materi pelajaran IPS khususnya di tingkat SD/MI yang berisi tentang sejarah, ekonomi, sosiologi dan geografi. Mata pelajaran IPS diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan rasa tanggung jawab para peserta didik.Siswa kelas IV SDN Tegalweru Dau Malang memiliki karakteristik gaya belajar yang bermacam-macam. Mulai dari gaya belajar yang auditori, visual, dan kinestetik. Tapi hasil pengamatan dari guru kelasnya, siswa kelas IV cenderung mempunyai gaya belajar yang visual, sedikit auditori dan kinestetik. Hal ini terbukti ketika guru memberikan materi koperasi dengan alat bantu gambar,dan media kartu tanya jawab siswa lebih cepat memahami dan mengingat materi yang disampaikan. Penelitianbertujuan: (1) menjelaskanpenggunaanmedia kartutanyajawabuntukmeningkatankemampuanmemahamimaterikoperasisiswakelas IV SDN Tegalweru Malang, (2) menjelaskanpeningkatanhasilbelajarmaterikoperasisiswakelas IV SDN TegalweruDau Malang setelahmenggunakanmedia kartutanyajawab. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitianpenelitian yang digunakanyaitupenelitiantindakankelas (Classroom Action Research). Metodepenelitiandiimplementasikansebanyak 2 siklus, dimanamasing-masingsiklusterdiriatasperencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, catatanlapangan, dokumentasidantes. Analisa data yang digunakanuntukmengetahuihasilbelajarsiswasetelahdiberitindakanpengguna media kartu, makadilakukananalisis data dengancaramenganalisilembarjawabantesformatif yang telah di berikankepadasiswa. Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapeningkatanhasilbelajar IPS materimaterikoperasisiswakelas IV SDN Tegalweru Malang melaluipenerapan media kartutanyajawabdenganjumlahsiswa yang tuntasmengalamipeningkatandarisiklus I adalah 61,20% siswa yang tuntasdan 38,80 % siswa yang tidaktuntas, sedangkanpadasiklus II siswa yang tuntas 77,20 % dansiswa yang tidaktuntas 22,80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:31
Last Modified: 06 Apr 2016 03:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24943

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo