UMM Institutional Repository

Pengelolaan Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Tahun 2011 Pada Wilayah Kerja Di Gugus I Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang

CHUSNAH, LISMA ULIFATHUL (2014) Pengelolaan Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Tahun 2011 Pada Wilayah Kerja Di Gugus I Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lismaulifa-36856-1-pendahul-n.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lismaulifa-36856-2-babi.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar para peserta didik dan juga guru. Perpustakaan memiliki SNP Tahun 2011 sebagai acuan. Berdasarkan hasil observasi awal, pengelolaan perpustakaan salah satu sekolah di Gugus I masih belum sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan, membandingkan pengelolaan perpustakaan, menganalisis kendala yang dihadapi sekolah dalam mengelola perpustakaan, serta memaparkan upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan tingkat sekolah dasar di Gugus I Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik pemeriksaan yaitu tiangulasi baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan perpustakaan sekolah di Gugus I masih berjalan secara sederhana (2) perbandingan pengelolaan perpustakaan sekolah di Gugus I dengan SNP Tahun 2011 dilihat dari aspek koleksi, sarana dan prasarana, layanan, petugas serta penyelenggaraan perpustakaan belum memenuhi standar yang ditetapkan pada SNP Tahun 2011, (3) kendala yang muncul dalam pengelolaan perpustakaan sekolah di Gugus I yaitu tenaga perpustakaan bukan dari pendidikan D2 Perpustakaan, koleksi belum sesuai standar, layanan perpustakaan kurang optimal, serta belum tersedia gedung perpustakaan dengan lokasi strategis, (4) upaya pihak sekolah untuk mengatasi kendala yang muncul yaitu menambah bahan pustaka dari BOS, maupun sumber dana lain, menambah sarana dan prasarana perpustakaan sedikit demi sedikit melalui RAPBS, pemberian tugas tenaga perpustakaan secara penuh pada jam buka perpustakaan, petugas perpustakaan diambilkan dari guru honorer yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:27
Last Modified: 06 Apr 2016 03:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24939

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo