UMM Institutional Repository

PENGARUH METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SDN KUTOREJO 1 KERTOSONO NGANJUK

Faramida, Anna (2014) PENGARUH METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SDN KUTOREJO 1 KERTOSONO NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annafarami-37331-1-pendahul-n.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annafarami-37331-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Metode TAI (Team Assited Individualization) merupakan gabungan antara pembelajaran kooperatif dengan pengajaran individual. TAI dirancang khusus untuk mengajarkan matematika kepada 3-6 siswa. TAI dirancang untuk menyelesaiakan masalah-masalah teoritis dan praktis dari sistem pengajaran individual. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan siswa berbeda-beda. siswa merasa bahwa dirinya sulit mengerjakan matematika, siswa hanya menerima informasi dari guru. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh antara metode TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode konvensional di SDN Kutorejo 1 Kertosono, Nganjuk (2) Untuk mendeskripsikan mana yang efektif antara metode TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode konvensional di SDN Kutorejo 1 Kertosono, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas VA sebagai kelas Kontrol dan Kelas VB sebagai Kelas Eksperimen. Data yang diambil adalah data aktivitas siswa dan data hasil belajar Matematika. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-independen dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil kelas ekperimen yang menggunakan metode TAI lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan Metode Konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan (sig.2-tailed) pada uji t adalah 0,048. Karena 0,048<0,005, maka terdapat pengaruh yang positif. Sedangan aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebanyak 78% siswa dikategorikan sangat baik (A).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:57
Last Modified: 06 Apr 2016 02:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo