UMM Institutional Repository

ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN TEMA PERISTIWA ALAM DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN SRENGAT 1 KABUPATEN BLITAR

LISTRININGSIH, ENDAR (2014) ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN TEMA PERISTIWA ALAM DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN SRENGAT 1 KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-endarlistr-37342-1-pendahul-n.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-endarlistr-37342-2-babi.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari pelaksanaan penelitian adalah pentingnya pembaruan pembelajaran dalam bidang pendidikan, karena telah diberlakukannya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Pembaruan (inovasi) apapun yang dilakukan dalam pembelajaran, harus tetap dilandasi oleh semangat membentuk nilai-nilai karakter bangsa. Inovasi terjadi secara beriringan dengan timbulnya tantangan karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menentukan dua rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana upaya guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran tema peristiwa alam dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar? (2) apa saja bentuk-bentuk inovasi pembelajaran tema peristiwa alam dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran tema peristiwa alam dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar, (2) mengetahui dan menganalisis bentuk-bentuk inovasi pembelajaran tema peristiwa alam dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan berperan sebagai instrumen kunci dalam menangkap makna dan sekaligus sebagai alat pengumpul data. Data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder melalui penggunaan teknik wawancara, observasi, dan study dokumentasi. Peneliti menggunakan tiga teknik dalam menganalisis data yaitu penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan dua temuan yaitu: (1) upaya guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran tema peristiwa alam dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar, (2) bentuk-bentuk inovasi pembelajaran tema peristiwa alam dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar. Peneliti menyimpulkan bahwa guru kelas 1 di SDN Srengat 1 Kab. Blitar telah mampu menerapkan inovasi pembelajaran dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan kurikulum 2013. Berdasarkan upaya yang telah dilakukan, terlihat bentuk-bentuk inovasi pembelajaran yang dapat dijadikan pedoman bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta melengkapi fasilitas sekolah sehingga dapat dijadikan sebagai bahan informasi bagi sekolah dalam melakukan perbaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:45
Last Modified: 06 Apr 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo