UMM Institutional Repository

PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 1 MALANG

WIDIASTUTI, ERNY (2014) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-1-pendahul-n.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-2-bab1.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu serta berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan anak normal lainnya tanpa diskriminasi sesuai dengan UU No. 20 Th 2003. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan problematika guru dalam pembelajaran di sekolah seting inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran ABK di sekolah SDN Sumbersari 1 Malang, (2) problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran ABK di sekolah inklusi SDN Sumbersari 1 Malang, dan (3) upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru kelas V, dua Guru Pendamping Khusus (GPK), dan kepala sekolah SDN Sumbersari I Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru sudah menggunakan kurikulum modifikasi untuk ABK dan pembelajaran yang disesuaikan dengan RPP yang sudah disiapkan. (2) Guru mengalami problematika dalam penyesuaian kurikulum, assesmen, PPI untuk ABK dikarenakan dipengaruhi oleh tingkat emosi anak, pembuatan media, sumber belajar untuk ABK, penggunaan metode karena dipengaruhi oleh biaya dan waktu serta kurangnya GPK dan kurangnya kerjasama anatara guru kelas dengan GPK . (3) Menggunakan media seadanya, dalam pembuatan sumber belajar bekerjasama dengan GPK, meberdayakan semua guru yang ada di SDN Sumbersari I Malang untuk menangani ABK, mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan ketrampilan dalam menangani ABK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:42
Last Modified: 06 Apr 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24900

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo