UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA CEPAT MELALUI TEKNIK ”SKIMMING” SISWA KELAS IV SD MUHAMADIYAH 4 MALANG

CAHYANI, FITRI DIA DWI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA CEPAT MELALUI TEKNIK ”SKIMMING” SISWA KELAS IV SD MUHAMADIYAH 4 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitridiadw-37819-1-pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitridiadw-37819-2-babi.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang menunjukkan nilai siswa masih ada yang dibawah kritera ketuntasan minimal (KKM), khususnya materi membaca. Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar siswa yaitu dalam penyampaian pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan media yang ada dalam buku. Oleh karena itu perlu diterapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah Bagaimana penggunaan teknik skimming untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat pada siswa kelas IV dalam menentukan gagasan utama / ide pokok teks bacaan? Dan Bagaimana penggunaan teknik skimming untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat pada siswa kelas IV dalam menemukan simpulan teks bacaan?. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah teknik skimming dengan obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang, dengan menggunakan teknik skimming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik skimming dapat meningkatkan hasil belajar. Nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan mencapai 47,8% pada siklus II mencapai 86,6 % peningkatan tersebut membuktikan bahwa teknik skimming dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV khususnya pada mata pelalajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut disarankan: bagi guru menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menentukan pokok pikiran pada teks panjang, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kwalitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:36
Last Modified: 06 Apr 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24893

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo