UMM Institutional Repository

Proses Adaptasi Melalui Komunikasi Dalam Hubungan Interpersonal di Komunitas Santri (Studi Penetrasi Sosial Pada Santri Kelas I Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3)

ANGGRAENI, RIZKI SILVIA (2014) Proses Adaptasi Melalui Komunikasi Dalam Hubungan Interpersonal di Komunitas Santri (Studi Penetrasi Sosial Pada Santri Kelas I Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkisilvi-37115-1-1.penda-n.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkisilvi-37115-2-babi.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Kesulitan beradaptasi bagi santri pemula akan di alami karena lingkungan yang berbeda dengan keadaan sebelumnya. Beberapa hal yang membuat santriwati tidak betah adalah tentang peraturan bagian keamanan dan bahasa yang mewajibkan mereka menggunakan dua bahasa wajib yaitu Arab dan Inggris dalam berkomunikasi. Motivasi serta nasehat akan selalu di butuhkan santriwati kelas satu untuk dapat beradaptasi di kehidupannya yang baru. Nasehat serta motivasi tentunya akan diberikan oleh komunikator yang berada disekitar santriwati kelas satu. Komunikator tersebut, sebelum berkomunikasi dengan komunikan tentunya akan melalui tahapan-tahapan dalam teori penetrasi sosial. Tahapan disini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana hubungan yang terjadi antara komunikator dan komunikan. Adapun tahapan yang ada pada teori penetrasi sosial adalah orientasi, pertukaran afektif dan eksploratif, pertukaran afektif dan pertukaran yang seimbang. Persoalan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses adaptasi komunikasi dalam penetrasi sosial pada santri kelas satu di komunitas santri kelas satu pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 Karangbanyu Widodaren Ngawi Jawa Timur Indonesia. Subjek penelitian di sini adalah santriwati kelas satu Gontor Putri 3 dengan jumlah 7 orang santriwati kelas satu pada tahun 2013/2014. Dengan kriteria santriwati kelas satu Gontor Putri 3, telah tinggal di pondok selama minimal tiga bulan, berasal dari luar Pulau Jawa, serta lulusan sekolah dasar bukan Madrasah Ibtidaiyyah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obeservasi. Teknik analisis menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, data di pilah-pilah dan terakhir kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah peneliti lakukan adalah, pada tahapan yang terjadi pada penetrasi sosial, santriwati kelas satu dengan kakak kelas lima telah memasuki tahapan ketiga, yaitu pertukaran afektif. Pertukaran afektif sendiri adalah terpusat pada perasaan mengkritik dan mengevaluasi pada tingkat yang lebih dalam.Tahap ini tidak akan dimasuki kecuali mereka menerima manfaat ang besar yang sesuai dengan biaya dalam tahap sebelumnya. Santriwati kelas satu sendiri telah menunjukkan bahwasannya ia telah merasakan kenyaman untuk bercerita berbagai macam hal dengan kakak kelas lima. Topik pembicaraan yang membuat santri kelas satu nyaman untuk bercerita dengan kakak kelas lima adalah sebagai berikut, mengenai peraturan, keluarga, pelajaran, hingga tentang orang tua. Tanpa adanya perasaan nyaman serta efektifitas dalam hubungan komunikasi interpersonal tentunya hal ini tidak akan terjadi dan tidak dapat membuat santri kelas satu dapat beradaptasi dengan baik di komunitas santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:34
Last Modified: 06 Apr 2016 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24887

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo