UMM Institutional Repository

MOTIVASI PENGGUNAAN INSTANT MESSAGING PADA PELAKU BISNIS DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Yuniarti, Tashya Dwi (2014) MOTIVASI PENGGUNAAN INSTANT MESSAGING PADA PELAKU BISNIS DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tashyadwiy-37116-1-pendahul-n.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tashyadwiy-37116-2-babi.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian atau pertukaran informasi di antara individu baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem-sistem, lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku. Komunikasi sangat diperlukan dalam suatu hubungan manusia pada kehidupan sosial sehari-hari. Manusia selalu mempunyai keinginan, begitu pula dalam hal komunikasinya. Keinginan tersebut didorong dengan adanya motivasi dalam diri seseorang. Dalam berkomunikasi tentunya manusia memerlukan media untuk mempermudah penyampaian pesan. Media komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Teknologi komunikasi semakin berkembang pesat, cepat, mudah, efektif dan efisien dalam penggunaannya. Salah satu teknologi komunikasi yang sedang booming adalah instant messaging, yaitu aplikasi chatting bertukar pesan yang sudah tidak asing lagi penggunaannya. Pengguna instant messaging yang mayoritas adalah mahasiswa sangat membutuhkan media chatting untuk berkomunikasi guna memperlancar komunikasi dua arah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek penelitiannya adalah beberapa mahasiswa yang menggunakan instant messaging sebagai media komunikasi dalam bisnisnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa motivasi yang mendorong mahasiswa menggunakan instant messaging sebagai media komunikasi adalah faktor dorongan untuk pemenuhan kebutuhan dengan adanya tujuan yang ingin dicapai. Mahasiswa termotivasi menggunakan instant messaging untuk memenuhi tingkat kebutuhan sosial yaitu berinteraksi dan meningkatkan kerja sama dengan relasi. Serta aktualisasi diri dengan menerapkan ilmu yang sudah dipelajari dalam pengembangan potensi diri yang dimiliki. Pengguna media instant messaging dipuaskan oleh medianya dalam hal memperoleh informasi pada saat mengirim pesan, memasarkan produk, fiture hiburan dan interaksi sosial dengan kalangannya. Komunikasi menggunakan instant messaging dirasa penggunanya bisa menimbulkan komunikasi yang efektif, efisien dan praktis. Ragam aplikasi instant messaging menjadikan penggunanya selektif dalam memilih media mana yang dapat menunjang interkasinya dengan menyesuaikan media yang digunakan dan target segmen pasarnya untuk dapat mencapai tujuan komunikasi yang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:26
Last Modified: 06 Apr 2016 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24881

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo