UMM Institutional Repository

ANALISIS FRAMING TENTANG KONTROVERSI PENYELENGGARAAN MISS WORLD di BALI (Analisis Framing pada media online Detik.com dan Okezone.com)

Handayani, Tri Murti (2014) ANALISIS FRAMING TENTANG KONTROVERSI PENYELENGGARAAN MISS WORLD di BALI (Analisis Framing pada media online Detik.com dan Okezone.com). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trimurtiha-37117-1-pendahul-n.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trimurtiha-37117-2-babi.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Berita mengenai penyelenggaraan Miss World 2013 selalu menarik perhatian media. Miss World 2013 untuk pertama kalinya digelar di Indonesia juga telah menarik perhatian banyak media. Tidak terkecuali media massa online detik.com dan okezone.com yang selalu memberitakan kontes kecantikan Miss World 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pembertitaan penyelenggaraan kontroversi Miss World di media detik.com dan okezone.com. Rumusan masalahnya yakni bagaimana detik.com dan okezone.com mengonstruksikan berita tentang penyelenggaran Miss World 2013, serta bagaimana perbandingannya. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana media massa online detik.com dan okezone.com mengonstruksi berita tentang kontroversi penyelenggaraan Miss World 2013 di Indonesia, serta ingin mengetahui perbandingannya. Penelitian ini menggunakan analisis metode analisis framing. Pada dasarnya metode ini ingin membedah cara atau ideologi media saat mengonstruksikan fakta. Analisis ini mencermati strategi seleksi, penonjolan fakta ke dalam bentuk berita agar lebih bermakna, menarik dan lebih diingat untuk menggiring interpretasi khalayak sesuai perspektif media. Penelitian ini menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki yang merupakan modifikasi dari dimensi operasional wacana Van Dijk. Perangkat yang digunakan analisis framing adalah 8 berita dengan rincian empat berita dari detik.com dan empat dari okezone.com. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan berita dari kedua media, kemudian di analisis secara interpretatif oleh peneliti dengan menggunakan perangkat framing yang ada dan disajikan seacara deskriptif. Hasil penelitian dari dua media massa online ini berbeda. Hal ini tentunya berkaitan dengan ideologi, karakter, dan kepentingan masing-masing media. Frame detik.com dalam mengonstruksikan penyelenggaraan Miss World 2013 dalam berita-beritanya yakni ajang tersebut tidak sesuai dengan nilai kesopanan dan adat istiadat Indonesia. Detik.com memaknai penyelenggaraan Miss World 2013 tidak sesuai dengan Indonesia karena kecantikan tidak untuk dipertontonkan dan diperlombakan. Sementara okezone.com mengonstruksi penyelenggaraan Miss World 2013 sebagai mempromosikan budaya Indonesia ke dunia dan mengangkat citra Indonesia. Meskipun berbeda, kedua media tersebut memiliki kesamaan yaitu sama-sama tidak seimbang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:21
Last Modified: 06 Apr 2016 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo