UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi pada Direksi dan Staf PT. Selecta Kota Batu Periode 2013)

HANIAH, UMI (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi pada Direksi dan Staf PT. Selecta Kota Batu Periode 2013). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umihaniah0-37118-1-pendahul-n.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umihaniah0-37118-2-babi.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penerapan strategi komunikasi dalam pemasaran dapat menarik minat konsumen yang berdampak positif pada perusahaan seperti peningkatan penjualan dan menciptakan citra yang baik bagi perusahaan. Komunikasi pemasaran selama ini dikenal sebagai aktivitas yang tidak terpisahkan dari dunia bisnis. Komunikasi pemasaran merupakan pendorong untuk meningkatkan penjualan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Pengetahuan mengenai komunikasi pemasaran menjadi penting bagi perusahaan pada saat dihadapkan pada permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pariwisata Selecta Kota Batu dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada periode 2013. Teori yang digunakan dalam strategi komunikasi pemasaran adalah teori IMC, sebagaimana pendapat Watono, (2011:80) bahwa esensi dari konsep IMC adalah adanya integrasi keseluruhan upaya komunikasi pemasaran yang dilakukan sebuah merk. Integrasi tersebut bisa berupa integrasi antara above the line dengan below the line, antara online media dengan offline media, atau misalnya broadcast media (one-way communication) dengan social (two-way comminication). Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah proses perencanaan marketing komunikasi yang memperkenalkan konsep perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen komunikasi pemasaran, seperti public relation, advertising, direct selling, sales promotion, dan interactive marketing, untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta pengaruh komunikasi yang maksimum.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (a) observasi (b) wawancara (c) dokumentasi. Analisis data merupakan usaha yang bertujuana untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang diperoleh dari hasil penelitian. Analisis data pada penelitian ini mengacu pada pendapat Miles dan Hubberman yaitu (a) reduksi (b) penyadian data (c) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran pariwisata Selecta dalam meningkatkan jumlah pengunjung periode 2013 adalah sebagai berikut: (1) Jenis strategi komuniksi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Selecta Batu adalah (a) Melalui marketing communictions, untuk pengembangan strategi komunikasi internal perusahaan. Dengan terciptanya komunikasi internal perusahaan yang kuat, maka sangat membantu memperkuat komunikasi pemasaran eksternal perusahaan (b) Melalui Sales promotions, yaitu dengan (i) melakukan road show ke daerah-daerah (ii) mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak tertentu (iii) memasang harga yang bersaing dengan taman wisata yang selevel (iv) menyediakan fasilitas dan produk (v) memasang iklan (vi) mengadakan personal selling atau komunikasi langsung ke sasaran yang dituju. (b) Marketing event, yaitu dengan mengajak customer dan potential customer dalam event yang diselenggarakan (2) Pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi pemasaran adalah semua bagian dan pihak internal yang ikut bertanggung jawab atas masing-masing bagian tersebut. (3) Adapun faktor penghambat pada saat pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran adalah penyampaian informasi atau promosinya yang tidak tepat sasaran. Dan dapat disimpulkan bahwa dari strategi komunikasi pemasaran yang digunakan PT. Selecta Batu pada tahun 2013 terbukti mampu menngkatkan jumlah pengunjung, hal tersebut bisa dilihat pada grafik jumlah pengunjung yang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:17
Last Modified: 06 Apr 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24872

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo