UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS 5 SDN MOJOLANGU 3 MALANG

HIDAYAH, NURUL (2014) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS 5 SDN MOJOLANGU 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-37830-1-pendahul-n.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-37830-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN Mojolangu 3 Malang. Hasil observasi dan pengamatan awal menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis puisi menunjukkan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kata-kata yang tepat. Kesulitan yang dialami siswa yaitu menentukan pilihan kata, gaya bahasa, rima, imajinasi, kata konkret, hubungan antara isi – tema, hubungan isi-amanat dan akhirnya hasil belajar siswa pada materi menulis puisi masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar peristiwa yang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi dan untuk mengetahui hasil belajar menulis puisi siswa kelas V SDN Mojolangu 3 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Subyek penelitian kelas V dengan jumlah 42 orang siswa SDN Mojolangu 3 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014. Langkah-langkah pembelajaran menulis puisi menggunakan media gambar peristiwa sebagai berikut (1) mengamati gambar secara cermat, (2) menentukan tema kemudian dijadikan judul puisi, (3) menyusun alur (kronologis/spasial) lalu dikembangkan menjadi cerita, (4) menyusun berurutan ke bawah, satu baris satu kalimat pendek / membuang kata-kata sambung yang tidak penting, (5) mencari kata/kalimat yang intensitas keindahannya dan maknanya kurang kuat dan dengan kata-kata yang lebih indah (konotatif) dan imajinatif, (6) mencermati tiap kalimat/kata dengan memperhatikan keindahan bunyi dan penggunaan gaya bahasa. Hasil belajar menulis puisi dengan menggunakan media gambar peristiwa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 45%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:08
Last Modified: 06 Apr 2016 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24866

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo