UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA “PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA” MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG

Prasaja, Panji (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA “PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA” MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-panjiprasa-37831-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-panjiprasa-37831-2-babi.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara pada guru kelas terdapat kesulitan yang dialami siswa kelas V SD Muhammadiyah 5 Malang. Adapun kesulitan yang dimaksud diantaranya dalam proses pembelajaran siswa kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan dan mendengarkan instruksi dari guru serta kurangnya rasa percaya diri pada siswa, sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diataranya yaitu: Guru kurang bervariasi dalam penggunaan metode karena metode yang dipakai sebelumnya berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran oleh karena itu siswa tidak melakukan pembelajaran secara langsung dalam penggunaan media atau alat belajar di dalam kelas. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar klasikal belum dapat mencapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mapel IPA Materi pokok “Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia” serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok “Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia” di SD Muhammadiyah 5 Malang. Agar tercapainya tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada pada tanggal 23 Mei dan untuk siklus II pada tanggal 28 Mei 2014. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada hasil pembelajaran IPA Materi pokok “Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia” mengalami peningkatan di SD Muhammadiyah 5 Malang. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus ke I jika dibandingkan dengan siklus ke II dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 52,9% kategori (Sedang) dan siklus II diperoleh 82.3% kategori (Sangat Baik). Hal ini menunjukan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Ipa “Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia” Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD Muhammadiyah 5 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:06
Last Modified: 06 Apr 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24863

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo