UMM Institutional Repository

Kekerasan Dalam Film Drama Indonesia (Analisis Isi Pada Film Preman "Lovely Man" Karya Teddy Soeriaatmadja)

FACHRIZAL, YANUAR (2014) Kekerasan Dalam Film Drama Indonesia (Analisis Isi Pada Film Preman "Lovely Man" Karya Teddy Soeriaatmadja). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarfach-37121-1-pendahul-n.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarfach-37121-2-babi.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Isi atau cerita dalam film memang menarik disaksikan akan tetapi isi dari tayangan tersebut ada sisi positif dan negatifnya, positifnya apabila cerita dalam film tersebut sangat mendidik dan membawa dampak positif bagi masyarakat, negatifnya sering kali dalam film memunculkan adegan kekerasan yang dapat mempengaruhi kondisi emosional penonton. Hal inilah yang membuat film saat ini banyak yang menuai kritik dari masyarakat pendahulu terhadap masa depan para remaja Indonesia. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah film karya anak bangsa, yaitu karya Teddy Soeriaatmadja yang berjudul Lovely Man yang di produksi oleh Karuna Pictures. Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang di tinggalkan oleh sang ayah sejak kecil. Saat tumbuh dewasa dia berjuang untuk menemui ayahnya di Jakarta. Sesampainya disana banyak konfik yang terjadi baik pada dirinya maupun sang ayah. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar frekuensi kemunculan isi pesan yang mengandung kekerasan beserta durasinya dalam film Lovely Man karya Teddy Soeriaatmadja produksi Karunia Pictures. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi dan kemudian menganalisis sesuai struktur kategori yang telah di tentukan oleh peneliti yang merujuk terhadap kekerasan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah masing-masing scene dalam film Lovely Man. Satuan ukur dari penelitian ini adalah frekuensi kemunculan kekerasan yang terdapat pada masing-masing scene pada film Lovely Man. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Holsty dan untuk memperkuat hasil reliabilitas digunakan juga rumus Scott. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka diperoleh hasil bahwa terdapat 2 scene yang mengandung kekerasan fisik yaitu pada scene 51 dan scene 53, pada kategori kekerasan psikologis terdapat 10 scene yaitu pada scene 21, scene 22, scene 26, scene 36, scene 37, scene 38, scene 39, scene 46, scene 47, dan scene 55, pada kategori kekerasan seksual terdapat 1 scene yaitu pada scene 57. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa frekuensi kemunculan kategori kekerasan terbesar adalah kategori kekerasan psikologis sebanyak 121 detik dengan prosentase 89% dari total 100% kemunculan, kategori kekerasan seksual sebanyak 10 detik dengan prosentase 7% dari total 100% kemunculan, dan kategori kekerasan fisik sebanyak 5 detik dengan prosentase 4% dari total 100% kemunculan. Porsi kemunculan unit analisis audio lebih besar daripada unit analisis visual. Selanjutnya dari hasil penelitian yang menunjukkan kemunculan kategori kekerasan terdapat 13 scene dari total keseluruhan 83 scene, dengan durasi munculnya adegan kekerasan sebanyak 136 detik dari total durasi keseluruhan 4.500 detik atau 75 menit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:04
Last Modified: 23 Feb 2018 03:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24859

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo