UMM Institutional Repository

PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS IV SD NEGERI DINOYO 2 MALANG

SULISTYOWATI, PUTRI GAMALARDY HATMY (2014) PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS IV SD NEGERI DINOYO 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrigamal-37833-1-pendahul-n.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrigamal-37833-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengalami banyak perubahan dari Kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. perubahan pada penerapan kurikulum 2013, seperti pengurangan mata pelajaran dari 10 mata pelajaran berkurang menjadi 6 mata pelajaran. Pada Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran tematik yakni dilakukan dengan mengabungkan beberapa mata pelajaran dalam satuan tema. Kurikulum 2013 mengamanatkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendekatan Saintifik pada kelas IV SD Negeri Dinoyo 2 Malang pada: (1) awal pembelajaran, (2) inti pembelajaran, dan (3) akhir pembelajaran. Teori-teori yang menjadi landasan pada penelitian ini adalah: (1) Belajar dan Pembelajaran, (2) Karakteristik Belajar Kelas Tinggi, (3) Kurikulum 2013, (4) Pembelajaran Tematik, dan (5) Pendekatan Saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah siswa kelas IV-A SD Negeri Dinoyo 2 Malang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada Pembelajaran 1 sampai 3 Tema “Makananku Sehat dan Bergizi” Subtema “Makananku Sehat dan Bergizi”. Hasil Penelitian ini menunjukan: (1) penerapan pendekatan Saintifik pada awal pembelajaran pada pembelajaran 1 sampai dengan 3 guru tidak selalu menerapkan tahapan-tahapan yang seharusnya terdapat pada kegiatan awal pembelajaran, (2) penerapan pendekatan saintifik pada inti pembelajaran guru telah melaksanakan kegiatan mengamati, menanya, mengolah, mencoba, dan mengkomunikasikan, dan (3) pada kegiatan akhir guru hanya memberikan tindak lanjut berupa tugas rumah kepada siswa. Hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik serta dapat menerapkan semua tahapan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengolah, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:02
Last Modified: 06 Apr 2016 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo