UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENGGUNAAN METODE STAD DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) SISWA KELAS IV DI SDN BATUKERBUY II PAMEKASAN

AISYAH, SITI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENGGUNAAN METODE STAD DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) SISWA KELAS IV DI SDN BATUKERBUY II PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiaisyah-37837-1-pendahul-n.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiaisyah-37837-2-bab1.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar adalah aktivitas yang bersifat fisik maupun mental yang saling terkait sehingga dapat membuahkan hasil belajar yang optimal. Dari hasil observasi diketahui bahwa guru masih menggunakan ceramah dan tidak ada penggunaan media dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menawarkan metode STAD dengan media Teka Teki Silang (crossword puzzle) untu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode STAD dengan media Teka teki Silang (crossword puzzle) di SDN batukerbuy II Pamekasan? (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam mata pelajaran IPA menggunakan metode STAD dengan media teka teki silang (crossword puzzle) di SDN batukerbuy II Pamekasan? (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA menggunakan metode STAD dengan media teka teki silang (crossword puzzle) di SDN batukerbuy II Pamekasan?. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan (1) penerapan metode STAD dengan media Teka Teki Silang (crossword puzzle) dalam pembelajaran IPA, (2) peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan metode STAD dengan media Teka Teki Silang (crossword puzzle), (3) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan metode STAD dengan media Teka Teki Silang (crossword puzzle). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas IV SDN Batukerbuy II Pamekasan dengan jumlah siswa 14 orang.. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan Tes, dan dokumentasi. Kegiatan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil aktivitas kelas pada siklus 1 yaitu 70% dan siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 85%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM diperoleh rata-rata kelas sebesar 66 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Sedangkan ketercapaian kelas pada siklus I adalah 0,64 dan siklus II 0,86. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) Penerapan metode STAD dengan media Teka Teki Silang (Crossword Puzzle) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. (2) Adanya peningkatan aktivitas siswa yaitu 15%, dari siklus I sebanyak 70% menjadi 85% pada siklus II (3) Adanya peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 22 %, pada siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:53
Last Modified: 06 Apr 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24849

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo