UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN KELAS V SD

FAIZ, THORIQURROFI’ (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN KELAS V SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-thoriqurro-37839-1-pendahul-n.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-thoriqurro-37839-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini merupakan media pembelajaran berjenis permainan monopoli. Pengembangan media berawal dari suatu masalah pembelajaran dengan dasar obervasi awal terdapat masalah pembelajaran kurang maksimal dari strategi guru secara konvensional dan media pembelajaran yang kurang tepat serta kebutuhan media pembelajaran matematika kelas V SD semester genap pada kompetensi dasar menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan dengan indikator menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal. Jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research And Development) yang digunakan adalah model prosedural dengan pencetus teori Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono (2012). Langkah pengembangan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Implementasi dari pengembangan media pembelajaran ini dibatasi pada langkah kedelapan dan dilaksanakan di SDN Lowokwaru 1. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi dan lembar wawancara untuk analisis kebutuhan, lembar validasi, lembar ujicoba lapangan, dan angket respon siswa yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Alat dokumentasi penelitian menggunakan kamera digital yang menghasilkan gambar dan video. Pengembangan media pembelajaran diawali dengan mendesain media pembelajaran dengan validasi tahap I diperoleh kevalidan 76% (valid) dan kesesuaian 96% (sangat sesuai) dan saran revisi desain kemudian ujicoba produk (kelompok kecil) dengan respon siswa 71% (baik) dan produk tidak perlu revisi. Validasi tahap II diperoleh kevalidan 91% (sangat valid) dan kesesuaian 96% (sangat sesuai) kemudian dilakukan ujicoba pemakaian dengan respon siswa 92,5% (sangat baik) dengan dilengkapi lembar hitung. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka media pembelajaran monopoli materi menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal pada kompetensi berbagai bentuk pecahan kelas V SD terkualifikasi efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:49
Last Modified: 06 Apr 2016 01:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24844

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo